Kado HUT RI, 40 desa di Kalbar nikmati listrik

Kado HUT RI, 40 desa di Kalbar nikmati listrik

Penyalaan listrik di Sanggau, Kalimantan Barat. ANTARA/Dokumentasi PLN Kalbar

Pontianak (ANTARA) - Warga di 40 desa Provinsi Kalimantan Barat mulai menikmati aliran listrik PT PLN (Persero) menjelang Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo di Pontianak, Kalbar, Jumat mengatakan penyaluran listrik merupakan komitmen perusahaan melaksanakan memperluas jaringan listrik sesuai target pemerintah.

"Untuk penyalaan 40 desa secara simbolis telah dilakukan di Desa Cowet, Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau," ujarnya.

Baca juga: Penjualan listrik industri PLN Kalbar naik 15,43 persen

Ia menyebutkan hingga Juni 2020 pihaknya telah membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 260,78 kms, tegangan rendah (JTR) sepanjang 189,49 kms, dan 92 gardu distribusi.

"Dengan beroperasinya jaringan listrik yang telah dibangun tersebut maka kami dapat melistriki 7.240 rumah warga. Kami ingin saudara-saudara kami di pelosok negeri ini juga dapat menikmati listrik termasuk rumah warga di Desa Cowet ini, " kata Ari.

Selain Cowet, warga Desa Suak Barangan, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah, juga mulai menikmati aliran listrik. Dengan masuknya listrik di Desa Suak Barangan, maka rasio elektrifikasi desa berlistrik di Kabupaten Mempawah meningkat menjadi 100 persen.

Kepala Desa Suak Barangan Marhasen mengatakan ada 437 rumah warga yang dapat menikmati listrik PLN.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN dan pemerintah atas masuknya listrik ke desa kami. Selama ini kami harus mengeluarkan uang Rp800 ribu hingga Rp1 juta per bulan untuk membeli solar guna menghidupkan mesin genset yang kami hidupkan dari jam 18.00-22.00 WIB, itu pun hanya bisa dipakai untuk menghidupkan beberapa lampu dan televisi saja. Jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ini kami pun merasa merdeka, karena desa kami kini terang benderang," ungkap Marhasen sumringah.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengapresiasi PLN yang telah menyelesaikan pembangunan perluasan jaringan listrik di Kalbar sepanjang 2020.

Menurut dia, keberadaan listrik dari PLN tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

"Saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada PLN Kalbar beserta jajarannya yang telah menyalakan listrik di 40 desa yang 19 desa di antaranya merupakan desa baru dan 21 dusun di desa yang tersebar di beberapa kabupaten. Saya berharap ke depannya kita semua dapat berkolaborasi dalam membangun infrastruktur kelistrikan agar semakin banyak masyarakat desa yang dapat segera menikmati listrik," ungkap Sutarmidji.

Baca juga: PLN Kalbar gandeng mitra bantu listriki 81 rumah warga kurang mampu
Baca juga: PLN rampungkan 2 pembangkit dan 6 GI di Kalbar
Pewarta : Dedi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020