Kami tiadakan dulu untuk tahun ini karena kami tidak ingin ada klaster baru karena kirab ini
Solo (ANTARA) - Pura Mangkunegaran Surakarta meniadakan kirab malam Satu Sura yang biasanya dilakukan untuk menyambut tahun baru menyusul belum usainya pandemi COVID-19.

"Kami tiadakan dulu untuk tahun ini karena kami tidak ingin ada klaster baru karena kirab ini," kata Abdi Dalem Bagian Pariwisata Pura Mangkunegaran Joko Pramudya di Solo, Rabu.

Baca juga: Ribuan koleksi naskah kuno Perpustakaan Mangkunegaran didigitalisasi

Ia mengatakan jika kirab tetap diadakan maka berpotensi menciptakan kerumunan orang mengingat setiap tahun ribuan orang datang untuk melihat acara budaya tersebut. Bahkan, warga yang datang bukan hanya dari Solo tetapi juga dari daerah lain.

"Kalau tetap diadakan kami khawatir tidak bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik," katanya.

Selain kirab, dikatakannya, yang juga biasanya banyak dipadati warga adalah prosesi jamasan pusaka. Oleh karena itu, dikatakannya, untuk jamasan juga ditiadakan termasuk ritual semedi yang biasanya dilakukan usai kirab juga akan ditiadakan.

Baca juga: UI kembangkan digitalisasi Museum Puro Mangkunegaran Surakarta

"Tetapi kalau masyarakat tetap melaksanakan ritual Malam Satu Sura dengan mengelilingi Pura Mangkunegaran sendiri, itu bukan tanggung jawab kami," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya sudah memberikan pengumuman kepada masyarakat melalui spanduk yang dipasang di beberapa titik di Pura Mangkunegaran.

Baca juga: 500 pembatik terlibat dalam Hari Batik Nasional

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan tidak melarang kegiatan Kirab Malam Satu Sura selama dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kegiatan ini kan sudah tradisi, kami mengizinkan tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Kerabat Keraton Solo revitalisasi Pesanggarahan Langenharjo
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020