Ruang layanan yang ditutup untuk sementara waktu yakni hanya ruangan laboratorium yang ada di rumah sakit tersebut. Namun pelayanannya untuk sementara waktu dialihkan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Meulaboh
Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dr Putri Fathiyah. Sp.B memastikan pihaknya tetap membuka layanan kesehatan seperti biasa kepada masyarakat meski satu orang dokter spesialis di RS itu positif terinfeksi COVID-19.

"Tidak ada penutupan aktivitas layanan, semuanya tetap berjalan normal seperti biasa," kata Putri Fathiyah, Sabtu di Meulaboh.

Ia menjelaskan bahwa ruang layanan yang ditutup untuk sementara waktu yakni hanya ruangan laboratorium yang ada di rumah sakit tersebut.

Namun pelayanannya untuk sementara waktu dialihkan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Meulaboh, yang berlokasi di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Sedangkan ruang rontgent di rumah sakit itu untuk sementara juga ditutup, namun pelayanannya dialihkan ke ruang  Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Pinere) yang ada di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Disebutkannya bahwa penutupan dua ruangan tersebut merupakan bagian dari upaya manajemen rumah sakit untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19 itu  bagi masyarakat dan kalangan para medis yang bertugas.

Hal ini dilakukan setelah seorang dokter spesialis di Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat berinisial HL pada Jumat (21/8) 2020 terkonfirmasi positif COVID-19, setelah beberapa hari di rawat di rumah sakit setempat.

"Tentunya semua pelayanan kesehatan di rumah sakir tetap berjalan seperti biasa, namun tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," demikian Putri Fathiyah.

Baca juga: Seorang dokter di RSUD Meulaboh positif COVID-19

Baca juga: Mudik ke Aceh Barat, satu keluarga asal Jakarta positif COVID-19

Baca juga: Juru masak mogok, ratusan pasien RSUD Meulaboh tidak dapat makan

Baca juga: Warga-nakes positif COVID-19, rawat inap RSUD Aceh Barat Daya ditutup

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020