Universitas Lambung Mangkurat gelar wisuda virtual

Universitas Lambung Mangkurat gelar wisuda virtual

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi memindahkan tali toga kepada wisudawan terbaik Ihsan Noor dari Program S3 Ilmu Pertanian. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar wisuda secara virtual menyikapi masa pandemi COVID-19 dengan hanya dihadiri para wisudawan terbaik di masing-masing fakultas.

"Ini gelaran wisuda secara online untuk kali kedua. Namun yang pertama hanya dihadiri rektor sendiri. Sekarang kita modifikasi dengan hadirnya para wisudawan terbaik," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarmasin, Kamis.

Digelar di Aula Lantai 1 Gedung Rektorat ULM di Banjarmasin, acara wisuda ke-96 itu nampak sangat sederhana lantaran harusnya dihadiri 1.250 wisudawan yang lulus, namun hanya diwakili lulusan terbaik pada 11 fakultas.

Sedangkan wisudawan lainnya mengikuti rangkaian prosesi wisuda dari rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom dan juga chanel Youtube milik perguruan tinggi negeri terbaik di Pulau Kalimantan terakreditasi A itu.

Ketua Senat ULM Prof H Gusti Muhammad Hatta memimpin sidang terbuka acara wisuda didampingi Rektor beserta para wakilnya serta Dekan dan guru besar.

Diakui Sutarto, ada kekecewaan dari wisudawan dan orangtua yang tak bisa merasakan atmosfer acara wisuda sebenarnya. Namun, kondisi pandemi diharapkan dapat dimaklumi semua pihak. Dimana faktor keselamatan dan kesehatan adalah hal utama saat ini.
Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi dan anggota Senat berfoto bersama wisudawan terbaik. (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, Sutarto merasa bersyukur capaian lulusan kali ini meningkat dibanding sebelumnya. Indikatornya yaitu rata-rata lama studi yang semakin pendek, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) juga naik termasuk untuk peraih nilai tertinggi di masing-masing fakultas rata-rata hampir 4,0.

Adapun wisudawan terbaik tingkat universitas diraih Ihsan Noor dari lulusan Program S3 Ilmu Pertanian dengan nilai sempurna 4,0 alias predikat Cumlaude.

"Kami harapkan alumni ULM dapat bekerja di posisi terbaik sesuai kompetensi keilmuannya. Namun bagi yang berjiwa pengusaha bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Karena kiprah di tengah masyarakat ini mencerminkan mutu sebuah perguruan tinggi," tandas Sutarto.
Pewarta : Firman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020