Jakarta (ANTARA) - Daging sapi asal Australia adalah salah satu pilihan yang tak asing di berbagai restoran Tanah Air. Apa yang membuat daging sapi dari benua tetangga ini dianggap berkualitas?

Meat and Livestock Australia (MLA), organisasi yang mendukung peternakan dan industri daging sapi melalui berbagai inisiatif, memperkenalkan keunggulan dan manfaat daging sapi Australia lewat kampanye #BeefUp yang berlangsung hingga Juni 2021.

David Carew, Supply Chain Technical Specialist Meat & Livestock Australia memaparkan tiga hal yang membuat daging merah asal Australia berkualitas dan lezat.

“Sistem keamanan pangan, jaminan kualitas, dan keterlacakan dari peternakan ke piring yang komprehensif merupakan integritas industri daging merah Australia," kata David dalam konferensi pers daring, Kamis.

Baca juga: 5 keju favorit untuk steak di Willie Brothers

Ternak dibesarkan di padang rumput alami karena Australia punya lahan luas. Sapi-sapi bisa hidup dalam lingkungan alami dan bergerak bebas sepanjang tahun. Dia mengatakan, kondisi Australia sebagai negara pulau secara otomatis membuat sapi-sapi terlindungi secara alami dari penyakit.

Australia juga menerapkan standard keamanan pangan dan kendali mutu tinggi. Setiap sapi dalam sistem memiliki identifikasi nasional (NLIS) sehingga setiap ekor ternak bisa dilacak keberadaannya.

Selain itu, ada sistem jaminan produksi ternak yang menyatakan peternakan telah diaudit untuk memastikan daging merah berkualitas tinggi yang aman.

Semua daging sapi Australia yang masuk ke Indonesia sudah memiliki sertifikasi halal yang disetujui Majelis Ulama Indonesia.

Tak hanya itu, Australia memproduksi keragaman daging sapi yang sehat dan lezat. Selain padang rumput untuk para sapi, ada metode pakan campuran biji-bijian nutrisi tinggi yang meningkatkan lemak putih (marbling) serta warna daging. Australia merupakan produsen wagyu terbesar kedua di luar Jepang.

Kampanye #BeefUp ini meliputi demonstrasi masak secara daring agar orang-orang bisa belajar cara baru mengolah daging sapi, hidangan kreasi daging sapi ala chef di sejumlah restoran Jakarta, akses khusus kelas memasak dengan chef ternama seperti Vindex Tengker dan Chandra Yudasswara juga informasi seputar daging sapi di akun Instagram @TrueAussieID.

Baca juga: Perhatikan ini ketika ingin memasak steak

Baca juga: Kiat memasak daging steak ala chef Michelin Star

Baca juga: Pilih steak medium atau well done?

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020