PDIP akhirnya usung mantan Wakapolda di Pilkada Kaltara

PDIP akhirnya usung mantan Wakapolda di Pilkada Kaltara

Tangkapan layar Ketua DPP PDIP bidang politik, Puan Maharani saat mengumumkan empat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur dan 58 calon kepala daerah kabupaten/kota secara virtual di Jakarta, Jumat (28/8/2020). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Nunukan (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya mengusung mantan Wakapolda Kaltara, Brigjen Pol Zainal A Paliwang menjadi calon Gubernur Kaltara pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara pada Pilkada serentak 2020.

Zainal A Paliwang yang dihubungi melalui sambungan telepon dari Nunukan, Jumat membenarkan, telah menerima rekomendasi usungan kepada dirinya yang berpasangan dengan Bupati Malinau dua periode, Yansen Tipa Padang pada 28 Agustus 2020.

Baca juga: PDIP umumkan empat Cagub-Cawagub dan 58 Cakada tingkat II

Baca juga: PDIP Kaltara mulai buka pendaftaran untuk Pilkada 2020

Ketika diminta tanggapan atas rekomendasi PDIP yang berlambang banteng moncong putih ini, dia katakan sangat senang karena partai politik yang mengusung dirinya bertambah.

Sebelumnya, bakal pasangan calon Zainal A Paliwang-Yansen TP (ZIYAP) ini direkomendasikan oleh Partai Demokrat, Gerindra, dan PKB.

Mengenai waktu mendaftarkan diri di KPU Kaltara, Zainal menjawab sesuai dengan ketentuan dari penyelenggara pemilu Pilkada 2020 ini yakni 4-6 Agustus 2020.

"Kami akan mendaftar sesuai waktu yang ditentukan KPU," jawab dia singkat.

Secara terpisah, Sekretaris DPD PDIP Kaltara, Norhayati Andris yang juga dihubungi via telepon seluler membenarkan, partainya telah merekomendasikan bakal pasangan calon Zainal A Paliwang-Yansen TP. Sesuai dengan rekomendasi DPP partai ini kepada mantan Wakapolda Kaltara tersebut.

Sebelumnya, PDIP santer dikabarkan akan mengusung bakal pasangan calon Udin Hianggio-Indrajit di Pilkada Kaltara. Namun batal setelah mantan Kapolda Kaltara, Irjen Pol Indrajit mengundurkan diri dan menolak maju di Pilkada Kaltara.

Baca juga: Megawati: Ada kader yang marah tak direkomendasikan maju di pilkada

Baca juga: Tito: Kaltara paling siap gelar Pilkada 2020

Baca juga: PDIP Kaltara mulai buka pendaftaran untuk Pilkada 2020

 
Pewarta : Rusman
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020