Pemkot Jakpus buka kembali dua titik kawasan khusus pesepeda

Pemkot Jakpus buka kembali dua titik kawasan khusus pesepeda

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara (kanan bersyal biru) di RW 002 Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat merencanakan membuka kembali dua titik kawasan khusus pesepeda (KKP) mengantisipasi temuan meningkatnya jumlah pesepeda sebanyak empat kali lipat di kawasan Sudirman-MH Thamrin pada Minggu (23/8) lalu.

Baca juga: Kadishub sebut telah koordinasi dengan pengelola tol soal jalur sepeda

"Iya Insya Allah (ada KKP lagi), kemarin hasil evaluasi kita, itu jumlahnya (pesepeda) naik empat kali lipat di kawasan Thamrin Sudirman. Jadi diadakan lagi," ujar Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara saat ditemui di Balai Warga RW 002 Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat.

Dua titik KKP itu berada di Kecamatan Gambir dan Kecamatan Kemayoran dan juga melibatkan kolaborasi dengan wilayah kota lainnya yaitu Pemkot Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Baca juga: Pemkot Jaksel resmikan Rumah Sepeda Indonesia di Kelurahan Bintaro

"Kita akan kerja sama dengan wilayah lain. Seperti (KKP) di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk kita akan perpanjang (kerja sama dengan Jakarta Barat). Kemudian di Jalan Benyamin Sueb kita akan kerja sama dengan Jakarta Utara," kata Bayu.

Kedua lokasi itu dipilih Pemerintah Kota Jakarta Pusat karena selain menjadi trek yang dilewati oleh para pesepeda menuju MH Thamrin dan Jendral Sudirman, juga memiliki trek yang panjang sehingga nyaman untuk mengayuh sepeda.

"Jalurnya begitu panjang, itu jalurnya sampai ke Kota Tua loh. Ini jadi ada sensasi tersendiri yaitu bersepeda di dekat Kali Ciliwung Lama. Itu juga di kawasan Benyamin Sueb kan bekas kawasan bandara, itu kan jalur runaway-nya pesawat loh. Jadi memang treknya mulus, panjang, dan daerahnya terbuka," ujar Bayu.

Baca juga: Menanti Jakarta ramah pesepeda

Lebih lanjut, Bayu memastikan penjagaan tentu akan dilakukan secara ketat baik oleh para petugas Dinas Perhubungan maupun Satpol PP untuk memastikan kawasan itu aman bagi para pesepeda dan berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu para goweser sehingga tidak menumpuk di kawasan Sudirman-MH Thamrin," ujar Bayu.

Kawasan KKP di dua kecamatan di Jakarta Pusat itu akan tersedia mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta pada Minggu (16/8) meniadakan KKP yang biasanya tersebar di 32 titik wilayah-wilayah kota di Jakarta karena banyak ditemukannya pelanggaran terhadap protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Data terakhir dari Satpol PP pelanggaran menggunakan masker mencapai 79.300 pelanggaran (di KKP). Artinya ini angka yang cukup tinggi, oleh sebab itu kami lakukan peniadaan KKP," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Minggu (16/8).
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020