Solo (ANTARA) - Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, bakal mendaftarkan diri sebagai calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pada Jumat (4/9), atau hari pertama pendaftaran Pilkada 2020.

"KPU Surakarta telah membuka pendaftaran calon wali Kota dan wakil wali kota, pada Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9), tetapi pasangan Gibran-Teguh, rencana memilih hari pertama pendaftaran, sekitar pukul 14.00 WIB," kata Putut Gunawan selaku Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Surakarta, di Solo, Jateng, Selasa.

Menurut Putut Gunawan, pasangan Gibran-Teguh bakal mendaftarkan dengan diantar para pendukungnya mengendarai kereta kencana. Namun, para pendukungnya mengikuti dibelakangnya mengantarkan dengan mengendarai sepeda.

Kendati demikian, kata Putut, hal tersebut belum dapat memastikan berapa banyak pendukung yang akan ikut mengantar pasangan Gibran-Teguh ke Kantor KPU. Namun, jika sesuai aturan sebanyak 10 orang pengantar boleh masuk, dan 30 orang lainnya di luar ruangan Kantor KPU.

Baca juga: Relawan dukung PDIP siap menangkan Gibran-Teguh di Pilkada Surakarta


Balon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya bersama eguh Prakosa akan mendaftarkan ke KPU pada Jumat (4/9), atau hari pertama mulai membuka pendafaran bakal Cawali dan Cawawali Pilkada Surakarta 2020.

Menurut Gibran, semua berkas persyaratan pendaftaran telah disiapkan sejak awal Agustus 2020. Semua dokumen yang disyaratkan KPU akan dibawa semua pada pendaftaran hari pertama.

Gibran mengatakan dirinya juga sudah menjalani tes usap sebagai bukti syarat sehat sebagai bakal calon. Dirinya bersama Teguh Prakosa telah mematangkan visi misi sebagai Cawali dan Cawawali pada Pilkada Surakarta yang digelar 9 Desember mendatang.

Menurut Gibran, salah satu prioritas dalam visi dan misi bersama Teguh, yakni percepatan pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi COVID-19 di Kota Solo.

Pasangan balon lainnya dari jalur perseorangan yakni, Bagyo Wahyono-FX. Supardjo (Bajo), juga sudah mempersiapkan diri mendaftarkan ke KPU Surakarta, pada Minggu (6/9), atau hari terakhir pendaftaran.

Menurut Balon Wali Kota Surakarta Bagyo Wahyono, dirinya bersama pasangan FX. Supardjo berencana mendaftarkan ke KPU sebagai calon Pilkada Surakarta 2020, Minggu (6/9)

Bagyo mengatakan acara pendaftaran bersama Supardjo dengan konsep dengan naik kuda. Pendukungnya mengiringi dengan naik becak, sepeda, dan berjalan kaki menuju kantor KPU.

Baca juga: Megawati tokoh favorit Gibran Rakabuming

Baca juga: Gibran kembali blusukan

Baca juga: Survei IPI: Gibran punya pemilih militan 32,6 persen

Baca juga: PPP dan PKB dukung Gibran-Teguh pada Pilwalkot Surakarta 2020





 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020