Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita harus dikedepankan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air agar lebih meningkatkan kepedulian donor darah saat pandemi COVID-19 karena saat ini jumlah pendonor berkurang drastis hingga 50 persen.

"Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita harus dikedepankan. Termasuk kesadaran akan donor darah. Di Jakarta saja kita butuh 1.000 kantong darah per hari," kata JK melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

JK juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) yang berhasil mengumpulkan 465 kantong darah dari 527 pendaftar.

Baca juga: PMI utamakan laki-laki sebagai pendonor plasma konvalesen

"Sebuah langkah positif menolong sesama di masa pandemi COVID-19," ujar JK yang pernah menjabat Wapres RI dua kali tersebut.

Selain itu, tokoh asal Sulawesi Selatan tersebut juga mengaku bangga melihat data peserta donor darah yang banyak dari kalangan pemula atau baru pertama kali mendonorkan darahnya.

"Aksi donor darah membantu PMI. Bisa tetap menjadi kontribusi yang mampu menggerakkan hati masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan sesama," ujar dia.

Senada dengan itu, Ketua Unit Donor Darah PMI dr Linda Lukitari Waseso mengatakan minimnya masyarakat yang mendonorkan darah di masa pandemi COVID-19 mengkhawatirkan ketersediaan darah di PMI. Padahal, kegiatan transfusi darah menjadi penting bagi masyarakat yang berada pada kondisi kritis.

Baca juga: TNI Polri dan ASN sumbang 50 persen pasokan darah selama pandemi

Setelah diumumkannya kasus COVID-19 ditemukan di Tanah Air, kemudian diberlakukannya berbagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus mulai dari kerja dari rumah, pengaturan jarak fisik dan lainnya, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI mengalami penurunan rata-rata 30 hingga 50 persen.

Selain itu, jumlah stok darah yang tersedia juga tidak seimbang dengan penyakit demam berdarah yang tengah merebak dan pasien rutin transfusi darah seperti Thalasemia serta kebutuhan lain.

Baca juga: PMI-TNI lakukan donor darah peringati hari jadi

Sementara itu, Dewan Pembina GDDPI Yanti Erlangga mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian khusus kepada PMI. Keprihatinan stok darah di masa pandemi saat inilah yang mendorong GDDPI untuk bahu membahu meringankan beban PMI.

Ia mengatakan proses donor darah pada masa pandemi juga dilakukan dengan prosedur yang ketat agar tidak ada yang terjangkit COVID-19. Setiap pendonor harus mendaftarkan diri kemudian terlebih dahulu mengikuti tes cepat.

"Aksi mengumpulkan kantong darah akan dilakukan di beberapa daerah yaitu Yogyakarta, Palu dan Bali," katanya.

Baca juga: Kasad: Sudah 113 Perwira Secapa AD donor plasma darah

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020