Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah satu orang

Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah satu orang

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia.

Simpang Empat (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), bertambah satu orang yaitu warga berinisial WM (43) dari Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman.

"Benar, WM positif COVID-19 setelah hasil pemeriksaan sampel tes usap dari Laboratorium Unand Padang keluar para hari ini. Dengan demikian hingga saat ini 21 orang masih positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan untuk pasien terkonfirmasi positif langsung diperiksa di RSUD Pasaman Barat direncanakan akan diantar ke tempat isolasi kasus terkonfirmasi COVID-19 pada Balai Diklat Talu Kecamatan Talamau.

Baca juga: Petugas COVID-19 Pasaman Barat evakuasi paksa pasien tolak isolasi

"Dinkes Pasaman Barat sudah melakukan proses pelacakan dan testing terhadap riwayat kontak pasien tersebut," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat yang merasa pernah kontak dengan pasien diharapkan segera melapor ke petugas kesehatan terdekat.

Gina menyebutkan hingga saat ini belum semua hasil swab yang dikirim ke Laboratorium Unand keluar. Hal itu disebabkan menumpuknya sampel yang masuk ke Laboratoroum Unand.

"Untuk hasil sampel yang belum keluar kita harapkan bersabar dahulu. Selain itu bagi yang hasil tes usapnya belum keluar untuk tetap melakukan proses isolasi mandiri di rumah," harapnya.

Baca juga: Tujuh paramedis di RSUD Pasaman Barat positif COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah menjadi 14 orang


Hngga Minggu terdapat 1.014 sampel tes usap dari Pasaman Barat yang telah dikirim ke Laboratorium Unand. Sekitar 300 sampel hasilnya telah keluar dan 714 belum keluar.

Ia menjelaskan pada 31 Agustus 2020 pihaknya melakukan pengambilan tes usap di RSUD Pasaman Barat sebanyak 266 sampel dan terkirim ke Laboratorium Unand.

Hasilnya pada Minggu ini sebanyak 256 sampel dan 10 sampel lagi hasilnya belum keluar.

Kemudian pengambilan swab oleh Dinas Kesehatan di Puskesmas Sukamenanti sebanyak 164 orang. Hasilnya keluar sebanyak empat sampel pada Minggu ini dan 160 sampel belum keluar.

Baca juga: Tiga orang pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat sembuh

Selanjutnya pada 1 September 2020 dilakukan pengambilan tes usap di Dinas Lingkungan Hidup dan Puskesmas Ujung Gading sebanyak 252 sampel (terkirim) dan hasilnya hingga saat ini belum keluar.

Pada 3 September 2020 juga dilakukan
Pengambilan tes usap oleh Dinas Kesehatan di Puskesmas Simpan Empat dan Puskesmas Lembah Binuang sebanyak 209 sampel (terkirim).

Dari 209 itu baru keluar hasilnya sebanyak 40 sampel sedangkan 169 belum keluar.

"Pengambilan tes usap si RSUD Pasaman Barat sebanyak 123 sampel (terkirim) namun hingga saat ini hasilnya belum keluar," katanya.

Baca juga: Dua orang ASN pasangan suami-istri di Pasaman Barat positif COVID-19
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020