Mataram (ANTARA) - KPU Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sampai Minggu (6/9-2020), sebanyak empat bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Mataram sudah mendaftar untuk maju ke Pilkada 2020.

Ketua KPU Mataram, M Husni Abidin, di Mataram, Minggu, menyebutkan, empat bakal paslon yang sudah mendaftar tersebut adalah, bakal paslon H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman atau paket "Harum", bakal paslon HL Makmur Said-H Badrrutama Ahda atau paket "Muda".

"Kedua paslon tersebut mendaftar pada hari pertama pembukaan yakni Jumat (4/9-2020)," katanya.

Sementara dua bakal paslon lain, yakni Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan atau paket "Salam" mendaftar pada Sabtu (5/9-2020), dan terakhir bakal paslon H Baihaqi dan Baiq Diah Ratu Ganevi atau paket "Baru", mendaftar di hari ini Minggu (6/9-2020) sekitar pukul 17.00 WITA.

Baca juga: Lima pasangan Bakal Calon Bupati Pasaman Barat penuhi syarat

"Hari ini, menjadi hari terkahir pendaftaran bakal pasangan kepala daerah dan akan ditutup secara resmi pukul 24.00 Wita," katanya.

Dikatakan, untuk berkas pencalonan yakni terkait dengan dukungan parpol sudah sesuai syarat minum delapan kursi terhadap ketiga bakal paslon. Paket "Harum" diusung Partai Golkar, PPP dan Nasdem dengan 13 kursi.

Paket "Muda" diusung Partai Gerindra, PKPI, Berkarya dan PKB sebanyak sembilan kursi. Paket "Salam" diusung PDI Perjuangan dan PKS dengan 10 kursi. Paket "Baru" diusung delapan kursi dari Partai Demokrat, PAN, dan Partai Hanura.

"Untuk syarat calon yang kurang atau keliru saat proses verifikasi masih bisa diperbaiki atau dilengkapi, hingga sebelum penetapan pada 23 September 2020," katanya.

Baca juga: Mulyadi -Ali Mukhni jadi pasangan keempat datangi KPU Sumbar

Menurut Abidin, keempat bakal paslon yang mendaftar bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

"Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada dua tempat yakni di RSUD Mataram dan Hotel Lombok Astoria untuk pemeriksaan psikologi. Jadwal pemeriksaan kesehatan berlangsung 4-11 September 2020," katanya.

Setelah pendaftaran, tahapan pencalonan dilanjutkan verifikasi syarat pencalonan, kemudian pengumuman dokumen paslon dan dokumen calon di laman KPU, selanjutnya tanggapan masyarakat, pemeriksaan kesehatan, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan, verifikasi syarat calon pada 8-12 September 2020.

Baca juga: KPU Kota Magelang nyatakan berkas pendaftaran Aji-Windarti lengkap

Tahapan berikutnya adalah pemberitahuan hasil verifikasi, penyerahan dokumen perbaikan syarat calon, pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU, kemudian verifikasi dokumen perbaikan syarat calon, penetapan pasangan calon tanggal 23 September 2020, pengundian dan pengumuman nomor urut pada tanggal 24 September 2020.

"Untuk sengketa tata usaha negara pemilihan dilaksanakan 23 September- 9 November 2020," katanya.

Pewarta: Nirkomala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020