UI tetap berlakukan pembelajaran jarak jauh tahun ajaran baru

UI tetap berlakukan pembelajaran jarak jauh tahun ajaran baru

Wisuda UI (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak Maret 2020 akibat pandemi COVID-19, dan saat semester baru yang akan dimulai 14 September 2020 tetap menerapkan PJJ.

"Metode pembelajaran jarak jauh (daring) tetap diutamakan dan diterapkan untuk kegiatan belajar mengajar dalam bentuk kuliah," kata Sekretaris Universitas Indonesia dr. Agustin Kusumayati, dalam keterangannya, Selasa.

Sedangkan kegiatan belajar mengajar dalam bentuk praktikum, baik praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, pada saat ini masih belum dapat diselenggarakan.

"Pelaksanaan kegiatan praktik masih menunggu perkembangan wabah COVID-19 dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, kegiatan praktik dilaksanakan setelah terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi COVID-19," katanya.

Baca juga: UI-BPK kerja sama perkuat sinergitas dan koordinasi

Baca juga: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2020


Sementara itu Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengatakan mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk bisa menjadi SDM yang unggul dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Tetap optimistis, menjadi mahasiswa adalah menjadi optimisme yang menyala. Di tangan anda, Indonesia telah dijanjikan kemajuan.

"UI akan mendukung, menguatkan, mendampingi perjalanan studi kalian semua, baik mewujudkan impian kalian sebagai individu ataupun menjadi bagian dari kemajuan negeri. Selamat berkiprah dalam bidang keilmuan kalian," katanya.

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UI (PKKMB)  bagi mahasiswa baru angkatan 2020 berlangsung secara virtual mulai 7 September - 11 September 2020. Pembukaan kegiatan PKKMB dapat diakses pada laman http://bit.ly/PembukaanPKKMBUI2020.

Sementara itu Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer.nat. Rosari Saleh menyampaikan selamat datang anak-anak bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Ia juga menjelaskan bagi mahasiswa UI yang telah menuntaskan perkuliahannya, telah dapat mendaftarkan diri pada kegiatan Wisuda Online UI 2020. Pelaksanaan wisuda akan dilakukan secara daring pada 16 - 17 Oktober 2020. Pendaftaran wisuda dilakukan mulai 3 - 15 September 2020, secara daring pada laman ui.id/wisuda.

Baca juga: THE World University Ranking: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Baca juga: Dua mahasiswa UI siap berkompetisi di Mapres Nasional 2020
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020