Jakarta (ANTARA) - Microsoft akhirnya mengungkap spesifikasi dari konsol mungil terbarunya Xbox Series S yang akan hadir pada 10 November.

Perangkat tersebut memiliki resolusi 1440p, dengan menggunakan CPU yang sama seperti Xbox Series X yang berjalan pada 3.6Hz. Angka ini sedikit lebih lambat dibandingkan kecepatan 3.8Hz yang dijalankan pada Series X.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan S adalah GPU," kata direktur manajemen program Xbox Microsoft, Jason Ronald, dikutip dari The Verge, Kamis.
Xbox Series X (news.xbox.com)


Sementara, jika dibandingkan dengan performa Xbox One, kepala rekayasa platform dan perangkat keras di Xbox, Liz Hamren, mengatakan Xbox Series S memberikan empat kali kekuatan pemrosesan dari konsol Xbox One, dan mendukung pengalaman hingga 120fps.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan Xbox Series S terletak pada resolusi. Saat berbicara dengan pelanggan, kami menemukan bahwa banyak penggemar kami memprioritaskan framerate daripada resolusi, jadi kami ingin membuat konsol yang tidak memerlukan TV 4K," ujar Liz.

GPU yang berbeda membuat harga Xbox Series S lebih terjangkau. Meski begitu, GPU Series S dijanjikan sekitar tiga kali lebih kuat dibandingkan Xbox One.

Xbox Series S memiliki 20 CU pada 1.565GHz dengan kinerja 4 teraflop, sementara Xbox Series X memiliki 12,15 teraflop (52 CU pada 1.825 GHz). Ada perbedaan cukup besar di sini, namun Microsoft menargetkan penggunaan Xbox Series S pada monitor dan TV dengan resolusi 1080p atau 1440p.

Xbox Series S menyertakan memori GDDR6 10 GB yang berjalan pada 224 Gbps, sementara Xbox Series X dibekali GDDR6 16GB.
Ukuran Xbox Series S dibandingkan dengan Xbox Series X (twitter.com/xbox)


Konsol berukuran 60 persen lebih kecil dibandingkan Xbox Series X tersebut juga dibekali arsitektur Microsoft Xbox Velocity untuk custom SSD 512GB, yang memungkinkan fitur seperti Quick Resume untuk beralih antargame dengan cepat.

Microsoft menggunakan slot ekspansi yang sama yang ditemukan pada Seri X, memungkinkan pemilik Xbox Series S membeli kartu penyimpanan 1TB untuk meningkatkan ruang penyimpanan game.

Seluruh spesifikasi Xbox Series S menunjukkan bahwa konsol tersebut mampu menjalankan game generasi berikutnya, namun dengan resolusi lebih rendah daripada Xbox Series X.

Jika Xbox Series X dibanderol dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp7,4 juta), versi mungil dari konsol tersebut, Xbox Series S ditawarkan dengan harga 299 dolar AS (sekitar Rp4,4 juta).



Baca juga: Microsoft Xbox Series S hadir 10 November

Baca juga: Game "Suicide Squad" bakal hadir di PS5 hingga Xbox Series X

Baca juga: Xbox Series X hadir November, ini perkiraan harganya

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020