Survei: Suga jadi pilihan favorit menggantikan Perdana Menteri Abe

Survei: Suga jadi pilihan favorit menggantikan Perdana Menteri Abe

Dokumentasi - Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga saat mengadakan konferensi pers di kediaman resmi Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Senin (29/5/2017). ANTARA/REUTERS/Toru Hanai/am.

Tokyo (ANTARA) - Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga merupakan pilihan favorit menggantikan Perdana Menteri Shinzo Abe, menurut jajak pendapat yang diterbitkan oleh harian Mainichi Shimbun pada Kamis.

Sekitar 44 persen responden mengatakan akan memilih Suga saat ditanya siapa yang akan mereka pilih sebagai pengganti Abe, sementara 36 persen mengunggulkan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba.

Suga saat ini berada di posisi terdepan di antara pendukung Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa.

Jajak pendapat itu, yang diselenggarakan koran dan Pusat Riset Survei Sosial, merupakan yang teranyar memperlihatkan sekretaris kabinet itu sebagai kandidat paling popular di antara para pemilih awam.

Pemilihan kepemimpinan LDP akan diselenggarakan 14 September, yang melibatkan legislator LDP dan perwakilan partai tingkat regional untuk mengikuti pemungutan suara. Pemenangnya bisa dipastikan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki suara mayoritas di parlemen.

Perdana Menteri Abe mengundurkan diri beberapa waktu lalu karena alasan kesehatan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Suga mungkin akan minta pemilu Jepang dipercepat

Baca juga: Abe putuskan mundur dari jabatan PM Jepang akibat masalah kesehatan

Baca juga: Suga mungkin akan minta pemilu Jepang dipercepat


 

PM Jepang Abe mengundurkan diri atas alasan kesehatan

Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020