Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo memimpin serah terima jenazah tokoh pers nasional Jakob Oetama.

Penyerahan jenazah Jakob Oetama dilakukan oleh putra sulung nya Irwan Oetama kepada Bambang Soesatyo sekitar pukul 10.26 WIB di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Barat.

"Saya atas nama keluarga menyerahkan jenazah almarhum Dr HC Jakob Oetama kepada pemerintah untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dengan upacara militer," kata Irwan di Jakarta, Kamis (10/9).

Baca juga: Romo Sindhu: Jakob Oetama sebut KG sebagai Indonesia mini
Baca juga: M Nuh: Urusan Merah-Putih, Jakob Oetama karatnya 1.000
Baca juga: Anies Baswedan beri penghormatan terakhir kepada Jakob Oetama


Bamsoet kemudian menerima penyerahan jenazah tersebut. "Saya Bambang Soesatyo, Ketua MPR Republik Indonesia atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia menerima jenazah almarhum Dr HC Jakob Oetama, selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di Taman Makam Nasional Kalibata untuk dimakamkan secara militer," kata Bamsoet.

Sejumlah prajurit kemudian membawa jenazah Pendiri Kompas Gramedia itu ke dalam ambulans untuk dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Kemudian berlanjut jenazah dibawa dalam perjalanan menuju TMP Kalibata

Upacara pemakaman akan dilakukan pukul 12.00 WIB sampai selesai yang rencananya akan dipimpin oleh Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020