Jakarta (ANTARA) - Berolahraga menjadi salah satu pilihan aktivitas sebagian masyarakat Indonesia selama masa pandemi COVID-19 dan adaptasi kebiasaan baru saat ini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, hal ini merujuk pada data internal Tokopedia yang mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori olahraga menjadi hampir 3 kali lipat pada bulan Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

“Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf, serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang paling digemari masyarakat selama pandemi,” kata Ekhel dalam siaran persnya, dikutip Jumat.

Baca juga: Masker, pakaian olahraga dan sandal tren mode teratas saat pandemi

Baca juga: Dokter ungkap mitos-fakta berolahraga saat pandemi COVID-19


1. Sepeda
Tokopedia mencatatkan pembelian sepeda meningkat hampir 5 kali lipat selama pandemi. Sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda anak menjadi produk sepeda paling populer belakangan ini. Antusiasme masyarakat terhadap sepeda buatan pegiat usaha lokal pun juga sangat tinggi.

2. Yoga dan Pilates
Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan yoga dan pilates meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari pertumbuhan transaksi peralatan yoga dan pilates di Tokopedia yang melonjak lebih dari 3,5 kali lipat.

Selain mudah dilakukan bagi pemula, yoga dan pilates juga cenderung lebih aman karena dapat dilakukan di dalam rumah. Olahraga ini juga tidak hanya berdampak bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres terutama di kondisi pandemi saat ini.

3. Sepatu Roda dan Skateboard
Bermain sepatu roda dan skateboard ternyata menjadi salah satu kegiatan yang digemari selama pandemi COVID-19 karena dinilai menyenangkan dan dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal. Selama pandemi, Tokopedia melihat adanya kenaikan transaksi produk sepatu roda dan skateboard menjadi hampir 4 kali lipat.

4. Golf
Golf bisa menjadi salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan di tengah pandemi sekaligus bermanfaat meningkatkan imun tubuh. Data internal Tokopedia menunjukkan kegiatan tersebut menjadi lebih digemari masyarakat belakangan ini. Terbukti dari transaksi produk golf di Tokopedia yang melonjak menjadi lebih dari 3 kali lipat.

Bermain golf ternyata juga dinilai dapat memberikan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang, sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pandemi COVID-19 berlangsung.

5. Tenis Meja
Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi peralatan tenis meja yang menjadi hampir 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Baca juga: Olahraga yang bisa dilakukan selama pandemi COVID-19, menurut pakar

Baca juga: Pandemi belum terakhir, berikut ide untuk tetap bugar selama WFH

Baca juga: Pesan Denada untuk mereka yang hobi rebahan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020