UI lakukan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru secara online

UI lakukan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru secara online

Gedung rektorat UI (ANTARA/ Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa UI) menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  tahun akademik 2020/2021 selama lima hari, 7-11 September 2020 secara online.

"Ini pertama PKKMB UI dilakukan secara online. Seluruh materi telah disiapkan dengan metode perekaman. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi borosnya kuota dan menghindari gangguan sinyal ketika mengikuti program online,” ujar Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Rosari Saleh dalam keterangannya, Jumat.

PKKMB UI tahun 2020 ini diikuti oleh lebih dari 8.000 mahasiswa baru jenjang Vokasi dan S1 dari program Reguler, Paralel, Kelas Khusus Internasional (KKI).

Berbeda dari metode Program Pengenalan Kampus pada tahun-tahun sebelumnya, yakni yang menekankan kepada interaksi sosial langsung dengan lingkungan kampus dan sivitasnya, maka pada masa pandemi ini pengenalan kampus difokuskan pada upaya memperkenalkan simulasi interaksi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan demikian, para mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menjalani kehidupan akademik secara daring. Untuk memotivasi para mahasiswa baru, Ditmawa UI juga menyajikan rekaman sambutan dari 75 tokoh ternama, dari dalam dan luar negeri.
Baca juga: UI umumkan 3.934 mahasiswa baru melalui SIMAK 2020

Seluruh rangkaian PKKMB UI 2020 dapat disaksikan dalam kanal youtube Direktorat Kemahasiswaan UI (https://www.youtube.com/channel/UCUcW3y5iSMC-n8HLrvijcKA/featured).

Kegiatan PKKMB UI tahun 2020 mengusung tema Future Leader Fest dengan fokus konsep Merdeka Berkembang, Merdeka Belajar, dan Merdeka Berprestasi kepada para mahasiswa.

“Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai strategi untuk menjadikan kampus sebagai ruang untuk mengembangkan diri, mempersiapkan masa depan, membangun portofolio, serta merangsang semangat kompetisi serta menemukan talenta – talenta mahasiswa baru UI,” ujar Rosari.

Untuk menyambut mahasiswa baru di tengah situasi pandemi saat ini, terdapat tiga terobosan, yakni, “Pertama ialah program Pengenalan Kehidupan Kampus yang memberikan apresiasi penghargaan berupa SOLAR (Social Collaboration) Award kepada para mahasiswa yang telah mengerjakan tugas-tugas dengan total penghargaan 50 juta rupiah. Penghargaan terbagi atas empat, kategori yaitu: Aksi-Mu, berupa karya kelompok dari para mahasiswa baru dengan membuat tayangan video tutorial yang berisi pengetahuan untuk masyarakat.

Sedangkan penghargaan kepada individu mahasiswa diberikan ketika mereka telah menyelesaikan salah satu dari tiga pilihan penghargaan yaitu Ide-mu ialah karya pribadi mahasiswa membuat poster kampanye sosial bertemakan SDGs dan Industri 4.0; Usaha-mu, karya pribadi berupa proposal bisnis dengan tema : Muda, Cerdas dan Berwirausaha; Opini-mu, karya pribadi berupa karya tulis ilmiah,” kata Rosari.
Baca juga: UI tetap berlakukan pembelajaran jarak jauh tahun ajaran baru

Lebih lanjut Rosari menjelaskan bahwa materi pembelajaran yang disajikan dalam acara PKKMB online bermacam-macam mulai dari Merdeka Belajar, Kurikulum, Kesadaran Bela Negara, Generasi Muda Tanpa Narkoba, Kesehatan Mental, Cegah Tindak Kekerasan Seksual, Kesiapsiagaan Bencana dan kesadaran Lingkungan, Literasi Informasi, Digital Branding, Generasi Berencana, Literasi Keuangan dan juga Motivasi dari sederet CEO serta tokoh-tokoh publik.

“Materi pembelajaran yang disajikan dalam tiga bentuk materi bervariatif, antara lain e-class dengan total 32 materi; motivation talks sebanyak 15 materi, dan e-greetings sebanyak 75 materi. Semua materi tersebut datang dari berbagai tokoh dan narasumber profesional, dari berbagai bidang untuk berbagi wawasan kepada mahasiswa baru Universitas Indonesia,” kata Rosari yang akrab dipanggil Oca.

Oca menambahkan untuk menjaga kualitas dari kegiatan PKKMB UI, Ditmawa UI juga melakukan pengukuran pemahaman terhadap para peserta PKKMB dengan melakukan pre/post-test di setiap materi yang diberikan.

“Terobosan kedua ialah dilakukannya pengukuran sebelum dan sesudah pemberian materi berupa pre dan post-test, untuk memastikan para peserta PKKMB mengikuti dan memahami seluruh materi yang diberikan,” ujar Oca.

“Terobosan ketiga, PKKMB akan memberikan rekomendasi penilaian untuk salah satu mata kuliah wajib di universitas yaitu MPKT terintegrasi. Ditmawa UI akan mengeluarkan sertifikat yang mencantumkan hasil penilaian kinerja, prestasi serta sikap dan budi pekerti,” kata Oca.

Oca berharap PKKMB UI 2020 mampu menjadikan mahasiswa baru UI menjadi mahasiswa yang menjunjung tinggi sembilan nilai UI yaitu kejujuran, keadilan, kepercayaan, kemartabatan, tanggung jawab, kebersamaan, keterbukaan, kebebasan akademik, dan kepatuhan pada aturan.
Baca juga: UI terima 1.636 mahasiswa baru melalui jalur prestasi akademik
Baca juga: Dari jalur SBMPTN 2020 UI terima 1.678 mahasiswa baru
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020