Jubir: Presiden imbau rakyat selalu pakai masker

Jubir: Presiden imbau rakyat selalu pakai masker

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) -
Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman (tengah) didampingi Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodoningrat (kiri) dan Direktur Pemberitaan ANTARA Ahmad Munir, saat berkunjung ke Kantor LKBN ANTARA di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (9/6/2020). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

Presiden RI Joko Widodo terus mengimbau kepada 267 juta rakyat Indonesia agar selalu memakai masker dan dia menegaskan bahwa pemakaian masker sebagai wujud disiplin nasional, kata juru bicara Fadjroel Rachman.

"Pada rapat terbatas Senin (14/9), Presiden menegaskan agar pemakaian masker benar-benar terwujud sebagai disiplin nasional selama pandemi COVID-19," ujar Fadjroel dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Fadjroel menyampaikan bahwa Presiden mengorganisasi penanganan pandemi COVID-19 melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara terukur dalam perencanaan dan pelaksanaan.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemakaian masker kunci sebelum vaksinasi COVID-19

Baca juga: Seruan mempromosikan masker dari Presiden

Prinsip dasar penanganan ini adalah keseimbangan dan integrasi keselamatan kesehatan dan perekonomian rakyat.

Keseimbangan, koordinasi serta integrasi, kata dia, merupakan kunci pencapaian kesehatan dan perekonomian optimal, dengan kolaborasi harmonis pemerintahan pusat, pemerintah daerah, dan partisipasi seluruh warga.

"Partisipasi dan kolaborasi semua pihak terwujud dalam kemauan dan militansi menjalankan protokol kesehatan. Mayoritas individu Indonesia telah bergerak dengan kesadaran menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker saat beraktivitas, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir," jelasnya.

Dia mengatakan dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat, Presiden Joko Widodo tetap berdiri di garis depan dan tak lelah-lelahnya mengingatkan dan mengajak seluruh elemen bangsa berkolaborasi menjadikan masker kebiasaan hidup untuk adaptasi di masa pandemi sebagai wujud dari disiplin nasional.

"Kita juga bersyukur kepada Tuhan YME atas kesembuhan 158.405 pasien COVID-19 (14 September 2020). Ayo bersama-sama terus memakai masker untuk melindungi diri kita semua, melindungi negeri kita tercinta, Republik Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi bagikan masker dan sembako kepada warga Kulon Progo

Baca juga: Presiden Jokowi minta para menteri ikut promosikan pemakaian masker

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020