Sembilan pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat dinyatakan sembuh

Sembilan pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat dinyatakan sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Sembilan orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), dinyatakan sembuh dari virus itu, Rabu.

"Berdasarkan hasil tes usap (swab test) terakhir diketahui hasil kesembilan orang itu negatif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan kesembilan orang itu adalah Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) YU (62) dan supirnya ZU (44) serta tujuh orang paramedis RSUD yakni MU (42), NR (32), NG (32), NN (44 ), NL (27 ) SR (27 ) dan SU (45).

"Plt. Direktur dan supirnya dinyatakan positif COVID-19 pada 7 September 2020 dan Tujuh paramedis pada 2 September 2020. Setelah menjalani isolasi sembilan orang itu dinyatakan sembuh pada hari ini," katanya.

Baca juga: 68 orang karyawan Bank Nagari di Pasaman Barat tes usap COVID-19

Baca juga: Seluruh karyawan Bank Nagari Simpang Empat Pasaman Barat dites usap


Menurutnya, meskipun hasil tes usapnya sudah negatif maka disarankan bagi mereka untuk tiga hari ke depan isolasi di rumah.

"Dengan sembuhnya sembilan orang itu maka 31 orang pasien sudah sembuh, 12 orang masih positif dan satu orang meninggal dunia," katanya.

Ia menyebutkan hingga saat ini masih banyak sampel tes usap yang belum keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

Diharapkan kepada masyarakat dapat bersabar menunggu hasil tes usap karena hasilnya belum keluar dari Laboratorium Unand Padang.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan dan isolasi mandiri di rumah masing-masing sebelum hasil tes usap diketahui," katanya.

Ia mengajak masyarakat tetap tenang dan mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bekerjasama menghentikan penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

"Kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya.*

Baca juga: Lima pegawai bank di Pasaman Barat positif COVID-19

Baca juga: Seorang warga Pasaman Barat meninggal dunia ternyata positif COVID-19
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020