Kita sisir kawasan wisata, terutama objek wisata pantai, semua sampah dibersihkan sehingga lingkungan menjadi bersih dan rapi
Manggar, Babel (ANTARA) - Forum Anak Laskar Pelangi (FAKSI) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang beranggotakan para milenial dan kalangan pelajar, menggelar "operasi semut" dengan menyisir dan membersihkan sampah yang berserakan pada sejumlah objek wisata.

"Kita sisir kawasan wisata, terutama objek wisata pantai, semua sampah dibersihkan sehingga lingkungan menjadi bersih dan rapi," kata Ketua FAKSI Kabupaten Belitung Timur Ahmad Fathurrohman di Manggar, Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur, Senin.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut menggandeng Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur.

"Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk sadar kebersihan dan sadar lingkungan, terutama di kawasan wisata karena Belitung Timur merupakan daerah tujuan wisata," ujarnya.

Menurut dia, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih rendah kendati pemerintah daerah sudah menyiapkan berbagai fasilitas atau tempat pembuangan sampah.

"Kami membantu pemerintah daerah dalam mengampanyekan sadar lingkungan dan peduli terhadap kebersihan," ujarnya.

Menurut dia, penataan lingkungan dan kawasan objek wisata sangat tergantung dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan alam.

"Sebagai daerah tujuan wisata, tentu kebersihan lingkungan bagian dari citra pariwisata dan mampu membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama di kawasan wisata," demikian Ahmad Fathurrohman.

Baca juga: Menhut Bersama Wali Band Menghijaukan Kabupaten Belitung Timur

Baca juga: Menteri PPN tinjau langsung pembangunan embung di Belitung Timur

Baca juga: Pemkab Belitung Timur siapkan destinasi wisata Internasional

Baca juga: Dua hektare lahan di area perkantoran Pemkab Belitung timur terbakar


 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020