Tiga artinya kalau di kita Minangkabau, Tigo Tungku Sajarangan
Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah menetapkan nomor urut pasangan calon kepala daerah dalam Pilgub Sumbar melalui Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen, di Padang, Jumat, mengatakan nomor urut 1 diperoleh paslon Mulyadi-Ali Mukhni, nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar, dan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldi.

Pasangan Fakhrizal-Genius Umar mengatakan makna nomor 3 dapat membawa keberuntungan

"Tiga artinya kalau di kita Minangkabau, Tigo Tungku Sajarangan, kalau Pancasila ketiga artinya persatuan. Jadi artinya apa bersatu Sumbar Maju," katanya pula.

Sedangkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi mengatakan nomor 4 juga dikaitkan dengan Minangkabau, yakni orang Minang harus tahu dengan Nan Ampek atau kata yang empat dan penjuru mata angin juga empat.

"Kesuksesan setelah Rasulullah itu dilanjutkan oleh empat khalifah, dan insya Allah dengan kebersamaan kita akan raih kesuksesan yang lebih baik," kata dia

Selanjutnya pasangan Mulyadi-Ali Mukhni menyampaikan, nomor satu adalah yang diidam-idamkan oleh semua orang.

"Alhamdulillah keinginan kita dikabulkan oleh Allah, nomor satu adalah merupakan nomor yang sempurna," kata dia.

Setelah itu, pasangan Nasrul Abit-Indra Catri mengaku tidak ada makna dari nomor urut 2 yang didapatinya

"Insya Allah nanti ada, belum saya sampaikan hari ini, yang jelas sekarang kami berdua saya dan Indra Catri berdua," kata dia pula.
Baca juga: Empat bakal pasangan calon Pilgub Sumbar lolos tes kesehatan
Baca juga: KPU gandeng lembaga adat dan agama sosialisasi Pilgub Sumbar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020