Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengingatkan para penjabat sementara (Pjs) bupati yang wilayahnya menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 untuk meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.

Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal di Jayapura, Senin, mengatakan bagi para Pjs bupati yang baru dikukuhkan agar memastikan penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020.

Baca juga: Papua siapkan penegakan hukum penanganan COVID-19

"Pada masa pandemi COVID-19 ini, protokol kesehatan harus ditaati dan dipatuhi dengan baik," katanya.

Menurut Klemen, Pjs bupati harus memastikan bahwa peserta, calon, petugas pelaksana dalam pilkada serentak telah memenuhi protokol kesehatan.

"Hal ini juga menjadi salah satu prasyarat dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Papua," ujarnya.

Baca juga: Kapolda Papua: Pemprov-pemkab perlu sinergi dalam penanganan COVID-19

Dia menjelaskan penegakan hukum dalam penerapan protokol kesehatan ini sesuai dengan instruksi presiden untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19.

"Khusus untuk para Pjs bupati yang baru dikukuhkan diharapkan dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam penerapan protokol kesehatan ini," katanya.

Baca juga: Mendagri harap tokoh agama Papua ajak warga patuhi protokol kesehatan

Dia menambahkan sesuai mekanisme yang ada, Pjs bupati harus memastikan wilayahnya taat melaksanakan protokol kesehatan.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020