NTT tautkan "Konektor IDS" dan SDPF berdasarkan Data Trust®

NTT tautkan

Gambar lingkungan pengujian (Antara/Business Wire)

-- Akan mengembangkan platform global untuk pemanfaatan data lintas bidang ketika melindungi hak penyedia data  

Tokyo, (Antara/Business Wire)- NTT Communications Corporation (NTT Com), bisnis solusi TIK dan bisnis komunikasi internasional dalam NTT Group (TOKYO: 9432), hari ini mengumumkan bahwa mulai 1 Oktober akan berkolaborasi dengan International Data Spaces Association (IDSA)1 dalam uji demonstrasi sebagai tahap pertama untuk berkontribusi pada pengembangan platform keamanan manajemen data global2 yang menjamin interoperabilitas antara platform data yang dibangun dan dikelola di negara-negara di seluruh dunia.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20200927005006/en/

Lingkungan pengujian untuk berbagi data yang sangat rahasia dengan aman akan mencakup IDS Connectors3, teknologi inti GAIA-X4, infrastruktur data federasi untuk Eropa, dan platform Things Cloud IoT NTT Com dan Smart Data Platform (SDPF)5, yang kemudian menggabungkan Data Kebijakan Trust6. Demonstrasi ini, selain menilai kepraktisan dan pengoperasian struktur baru untuk mengontrol hak akses setiap data dengan tepat berdasarkan undang-undang dan kontrak terkait, akan memberikan penjelasan baru tentang persyaratan, dll. dari platform yang dirancang untuk manajemen data internasional. Hasil-hasilnya diharapkan dapat mengarah pada pembentukan platform manajemen data global yang dengan lancar menghubungkan platform data lokal di negara-negara di seluruh dunia.

Dalam demonstrasi ini, sebuah lingkungan pengujian akan dibangun untuk menguji berbagai kasus berbagi data internasional, seperti pemantauan jarak jauh mesin di luar negeri, dll., untuk memverifikasi kepraktisan dan pengoperasian berbagi data. Awalnya, dalam bekerja sama dengan NTT Software Innovation Center,7 IDS Connector dan SDPF akan digunakan di lingkungan pengujian di Jepang untuk menguji interoperabilitas sistem dan pengelolaan hak penggunaan data tertentu. Lingkungan pengujian di Jepang kemudian akan dihubungkan ke lingkungan pengujian IDSA di Jerman dan lingkungan pengujian terpisah di lembaga nirlaba Swiss Switzerland Innovation Park Biel/Bienne8 untuk menguji kepraktisan dan pengoperasian sistem dalam mengontrol hak akses data secara internasional melalui jaringan NTT Com.

Setelah itu, NTT Com akan memproses verifikasi dan pengujian lebih lanjut dengan menerapkan temuan pengujian saat ini di lingkungan operasi pengujian (test bed), yang bertujuan untuk memverifikasi interoperabilitas berbagai perangkat keras dan perangkat lunak menggunakan Konektor IDS. Platform manajemen data global baru akan dikembangkan bersama oleh perusahaan dan organisasi Jepang dan luar negeri. Pada saat yang sama, NTT Com akan menentukan persyaratan konkrit untuk platform tersebut bersama dengan berbagai organisasi dan perusahaan yang aktif di Jepang dan luar negeri, termasuk Robot Revolution & Industrial IoT Initiative.9 Ke depannya, NTT Com berharap dapat mendukung perumusan spesifikasi dasar melalui kolaborasi publik-swasta-akademis. Pada akhirnya, NTT Com bertujuan untuk berkontribusi pada realisasi dunia pintar dengan mengembangkan dan menyediakan platform untuk berbagi dan penggunaan data secara luas di berbagai bidang di seluruh dunia.

Teknologi untuk IoT, kecerdasan buatan, dan pemanfaatan data semakin banyak diterapkan di berbagai bidang, termasuk manufaktur, logistik, transportasi, perawatan medis, energi, kota, dan pemerintahan. Untuk memfasilitasi penggunaan data multiguna yang canggih, sistem diperlukan untuk memastikan pertukaran data yang aman dan andal di antara industri, bisnis, dan negara. Secara bersamaan, hak penyedia dan pengguna data harus dilindungi dan dipatuhi dengan mengelola kapan, di mana, siapa, mengapa, dan dalam kondisi apa data tertentu dapat digunakan. Saat ini, sistem dan teknologi hukum sedang dikembangkan di seluruh dunia untuk menciptakan infrastruktur data tersebut. Pada akhirnya, pertukaran data dalam bisnis internasional mungkin memerlukan kepatuhan terhadap spesifikasi infrastruktur data sesuai dengan hukum dan peraturan negara terkait.

1 Asosiasi Ruang Data Internasional (International Data Spaces Association/IDSA) yang berasal dari Eropa, telah menentukan arsitektur referensi dan standar formal yang akan digunakan untuk membuat dan mengoperasikan ruang data virtual. Arsitektur Ruang Data Internasional (International Data Spaces/IDS) didasarkan pada model tata kelola data yang diterima secara umum, memfasilitasi pertukaran yang aman dan keterkaitan data yang mudah dalam ekosistem bisnis. IDSA menghitung lebih dari 120 organisasi anggota dari 21 negara.
2 Platform pengelolaan data global adalah fungsi untuk saling menghubungkan platform data lintas batas sehingga setiap negara dapat mendistribusikan data secara internasional dengan aman, adil dan tepat sekaligus melindungi aset nasional dan hak asasi manusia.
3 Konektor IDS yang disediakan oleh IDSA merupakan elemen inti dari ekosistem data yang dirancang untuk memfasilitasi pertukaran data yang aman antara pihak tepercaya. Diterapkan dalam infrastruktur GAIA-X serta di cloud, di komputer edge atau di perangkat, dll. Yang mengirim dan menerima data, ini menyediakan pengaturan untuk mengelola akses ke data tertentu berdasarkan hukum dan kontrak.
4 GAIA-X merupakan inisiatif yang diumumkan oleh pemerintah Jerman dan Prancis pada Oktober 2019 untuk membangun infrastruktur data terdesentralisasi untuk berbagi dan memanfaatkan data yang dilindungi oleh undang-undang data Eropa.
5 Smart Data Platform (SDPF) adalah platform generasi mendatang NTT Com yang menawarkan fungsi lengkap dan terpadu untuk transformasi digital perusahaan (DX).
6 DATA Trust adalah merek dagang terdaftar dari Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT).
7 NTT Software Innovation Center adalah laboratorium NTT yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi infrastruktur IT, seperti akselerasi DX, infrastruktur software, infrastruktur AI, dan komputer generasi mendatang, yang menjadi infrastruktur penting.
8 Swiss Innovation Park Biel/Bienne adalah organisasi nirlaba swasta Swiss yang menjalankan dan mendukung penelitian dan pengembangan terapan terutama yang berorientasi di industri.
9 Revolusi Robot & Inisiatif IoT Industri adalah organisasi swasta yang didirikan pada tahun 2015 atas prakarsa pemerintah Jepang untuk memfasilitasi penggunaan IoT industri, robot, dll. NTT Com telah aktif sebagai sekretariat Sub-Platform Pengelolaan Data Global. Kelompok kerja sejak Oktober 2019.

Tentang NTT Communication

NTT Communications memecahkan tantangan teknologi dunia dengan membantu perusahaan mengatasi kompleksitas dan risiko di lingkungan TIK mereka dengan solusi infrastruktur TI terkelola. Solusi ini didukung oleh infrastruktur kami di seluruh dunia, termasuk jaringan publik dan swasta tingkat-1 global terkemuka dalam industri yang menjangkau lebih dari 190 negara/kawasan, dan fasilitas pusat data tercanggih di dunia seluas lebih dari 500.000 m2. Tim layanan profesional global kami menyediakan konsultasi dan arsitektur untuk ketahanan dan keamanan yang diperlukan untuk kesuksesan bisnis Anda, dan skala serta kemampuan global kami di dunia teknologi tak tertandingi. Digabungkan dengan NTT Ltd., NTT Data, dan NTT DOCOMO, kami adalah NTT Group.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20200927005006/en/

Kontak
Untuk informasi lebih lanjut
Akira Sakaino, Hideaki Niitsuma
Smart Factory Office
Business Planning, Business Solution Division
NTT Communications

Sumber: NTT Communications Corporation

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020