Menteri ESDM: Penerima Minerba Award jadi contoh kaidah teknik tambang

Menteri ESDM: Penerima Minerba Award jadi contoh kaidah teknik tambang

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam acara Pemberian Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (29/9/2020). ANTARA/Dokumentasi Humas Kementerian ESDM

Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan perusahaan-perusahaan penerima penghargaan Minerba Award 2020 dapat menjadi contoh (role model) dan etalase untuk penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

"Saya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara ini dengan menaruh harapan bahwa hal ini dapat menjadi benchmark yang nyata bagi pengelolaan kaidah teknik pertambangan untuk badan usaha pertambangan lainnya," ujar Menteri Arifin saat acara Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 di Jakarta, Selasa.

Kepada penerima penghargaan, Menteri Arifin mengucapkan selamat dan berharap mereka dapat menjadi contoh perusahaan-perusahaan lain dalam melaksanakan kegiatan pertambangannya.

"Saya mengucapkan selamat kepada badan usaha pertambangan yang menerima piagam prestasi, trofi prestasi tiap aspek, serta trofi Penghargaan Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan. Saya berharap agar badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang mendapatkan penghargaan dapat menjadi role-model, etalase, serta a place to see and be seen untuk penerapan kaidah teknik pertambangan," harap Menteri ESDM.

Baca juga: Menteri ESDM: Kegiatan tambang harus perhatikan lingkungan hidup

Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 merupakan kegiatan rutin dari Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

Kegiatan ini merupakan ajang pemberian apresiasi dari pemerintah kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melaksanakan konservasi sumberdaya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, dalam rangka mewujudkan praktik pertambangan yang baik atau good mining practices.

Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 tahun ini terdiri atas:

1. Penghargaan Terbaik Atas Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik
2. Penghargaan Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara
3. Penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara
4. Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara
5. Penghargaan Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara
6. Penghargaan Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

Untuk Penghargaan Terbaik Atas Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik diberikan kepada:
1. PT J Resources Bolaang Mongondow untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik Kelompok Komoditas Mineral
2. PT Adaro Indonesia untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik Kelompok Komoditas Batubara.

Baca juga: Hari Pertambangan, Menteri ESDM tekankan pengembangan energi bersih
Baca juga: HoA Blok Rokan diteken, Menteri ESDM: Milestone jaga produksi migas
Baca juga: Pemerintah serukan stabilitas pasar energi pada G20
Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020