Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan bahwa pasien positif COVID-19 di wilayahnya kembali bertambah 24 orang sehingga total kasus hingga kini berjumlah 875.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Selasa, mengatakan bahwa penambahan pasien positif COVID-19 tersebut didapatkan dari hasil penelusuran dan kasus baru.

"Untuk pasien positif COVID-19 hasil penelusuran ada 14 orang dan kasus baru ada 10 orang," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa 24 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari ini diperoleh dari sejumlah daerah yang berada di provinsi ini, yakni Kabupaten Lampung Utara 10 kasus dan Kota Bandarlampung ada lima kasus.

Baca juga: Tenaga kesehatan asal Metro Lampung terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID Lampung bertambah 10 total 851 kasus


Kemudian, Kabupaten Lampung Selatan empat kasus, Kabupaten Lampung Tengah dua kasus, serta masing masing satu kasus dari Kabupaten Lampung Timur, Lampung Barat, dan Tanggamus.

Selain itu, Reihana pun mengungkapkan bahwa di Lampung hingga kini pasien selesai isolasi dari COVID-19 berjumlah 632 setelah ada penambahan 10 orang sembuh per Selasa.

"Pasien sembuh kita hari ini terdiri dari Kabupaten Pesawaran enam orang, Kota Bandarlampung dua orang dan masing-masing satu orang dari Kabupaten Pringsewu serta Pesisir Barat," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa untuk pasien suspek COVID-19 di Lampung saat ini berjumlah 77 kasus dengan rincian, kasus lama 49 orang dan kasus baru 28.

"Untuk kasus kematian hingga kini berjumlah 30 orang dan hari ini tidak ada penambahan pasien meninggal dunia," ucapnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung itu menyebutkan bahwa dalam dua pekan terakhir angka reproduksi efektif di wilayahnya masih belum stabil, dalam artian pandemi masih belum bisa dikendalikan.

"Selama dua pekan terakhir, reproduksi efektif terus berfluktuasi dari 0,52 sampai dengan 1,01. Hari ini angka reproduksi efektif kita berada di 0.52," kata dia.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung bertambah 36 orang

Baca juga: Dinkes sebut di Lampung ada delapan zona oranye

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020