Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis keolahragaan dr. Arie Sutopo SpKO mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berolahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan untuk membantu menangkal penularan COVID-19.

"Jadi kalau kita bergerak, olahraga tujuannya yang sekarang ini untuk meningkatkan kekebalan, imunitas. Itu penting," kata Arie Sutopo dalam konferensi secara virtual pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah guna menghindari penularan COVID-19 yang dapat terjadi ketika banyak berinteraksi dengan orang lain di luar rumah.

Kondisi yang mengharuskan orang-orang untuk tetap di dalam rumah itu, menurut dia, seharusnya tidak mengendurkan semangat mereka untuk tetap berolahraga, karena kurang olahraga akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan.

Baca juga: Tips penuhi kebutuhan vitamin harian untuk jaga daya tahan tubuh

Baca juga: Minuman mengandung flavanol dapat tingkatkan daya tahan tubuh


Sebaliknya jika orang-orang terus bergerak dan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan lancar dan daya tahan tubuh juga akan meningkat.

"Jadi kita mesti terus bergerak dan berolahraga. Nah, kalau kita bergerak, di rumah atau olahraga, itu daya tahan naik. Itu hebatnya," kata dia.

Dengan terus bergerak dan berolahraga, jumlah sel darah putih, katanya, akan meningkat, sehingga dengan memiliki pertahanan tubuh yang kuat tubuh akan dapat menghalau semua virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

"Jadi begitu COVID-19 datang, langsung dihantam sama sel darah putih ini. Tapi kalau kita diam-diam saja, tentara di dalam tubuh juga enggak naik. Begitu COVID-19 datang, dipukul sama COVID-19, mati semua tentara (pertahanan tubuh) kita," demikian kata Arie Sutopo.
#satgascovid19

Baca juga: Ahli kesehatan sebut daya tahan tubuh penting cegah DBD

Baca juga: Dokter: Jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi

Pewarta: Katriana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020