Kemarin, Presiden izinkan impor garam industri hingga padat karya

Kemarin, Presiden izinkan impor garam industri hingga padat karya

Petani memanen garam, di Desa Bunder, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (31/8/2020). ANTARA FOTO/Saiful Bahri/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting mewarnai pemberitaan ekonomi pada Senin (5/10/2020) kemarin, mulai Presiden Joko Widodo mengizinkan industri mengimpor langsung garam untuk bahan baku hingga program padat karya dapat memulihkan perekonomian saat pandemi.

Berikut lima berita yang masih menarik untuk dibaca:


Presiden izinkan impor langsung garam industri untuk bahan baku

Presiden Joko Widodo mengizinkan impor langsung garam industri yang akan digunakan sebagai bahan baku dalam industri pangan dengan terlebih dahulu ada rekomendasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Presiden setuju bahwa industri-industri yang untuk makanan, dan yang butuh garam industri itu mereka mengimpor langsung dengan rekomendasi dari Kemenperin,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi melalui video conference dengan topik percepatan penyerapan garam rakyat dari Istana Merdeka Jakarta, Senin.

 

Sri Mulyani: Kita harus jaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah harus menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi di tengah masa pandemi karena keduanya berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakan sesuatu yang harus kita jaga keseimbangan antara kesehatan dengan menjaga ekonomi dan mengembalikan kesejahteraan rakyat,” katanya dalam Raker bersama DPR RI di Jakarta, Senin.

 

Pemerintah sebut program padat karya pulihkan daya beli pada 2021

Pemerintah melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) menyebutkan program padat karya menjadi strategi lanjutan setelah program PEN, untuk memulihkan daya beli masyarakat pada 2021.

"Pada saat yang sama sesudah vaksinasi terjadi, kami juga mulai shifting prioritasnya dari program PEN menjadi padat karya," kata Sekretaris Eksekutif I Komite PC-PEN Raden Pardede dalam diskusi daring di Jakarta, Senin.

 

Teten ajak perguruan tinggi dirikan laboratorium wirausaha

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak perguruan tinggi di Tanah Air mendirikan laboratorium wirausaha sebagai upaya mencetak lebih banyak pengusaha muda dari kalangan mahasiswa.

"Dengan cara menjadikan entrepreneurship sebagai program studi kewirausahaan, juga mendirikan laboratorium atau inkubator kewirausahaan," kata Teten dalam acara webinar dengan tema "Peran Perguruan Tinggi Membangun Jiwa Wirausaha" yang diselenggarakan oleh Universitas Ma'soem di Jakarta, Senin.

 

Menperin: Impor garam 108 juta dolar hasilkan ekspor 37 miliar dolar

Nilai ekspor industri garam mencapai 37,7 miliar dolar AS, yang berasal dari pengolahan bahan baku garam impor senilai 108 juta dolar AS pada 2019, menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Maka dari itu, kata Agus di Jakarta, Senin, impor bahan baku garam untuk industri memiliki nilai tambah yang signifikan bagi perputaran kegiatan ekonomi.

"Impor garam ini memiliki nilai tambah yang luar biasa bagi industri itu sendiri karena dengan mengimpor 108 juta dolar, AS industri sendiri pengguna garam ini telah berhasil catat nilai ekspor produk mereka 37,7 miliar dolar AS. Jadi bisa kita bayangkan betapa nilai tambah yang diberikan oleh hilirisasi dari penyerapan garam," ujar Agus usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020