DPR tetapkan delapan anggota Baznas baru

DPR tetapkan delapan anggota Baznas baru

Pelantikan anggota Badan Amil Zakat Nasional periode 2020-2025 di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (6/10/2020). ANTARA/HO-Kementerian Agama/aa.

Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat menetapkan delapan anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2020-2025 yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat seperti ulama, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat dan kalangan profesional.

"Total pendaftar anggota Baznas mencapai 416 dan terseleksi hingga delapan nama," kata Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi, kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan seluruh rangkaian proses seleksi calon anggota Baznas melalui enam tahapan seleksi yaitu administrasi, psikotes dan dinamika kelompok, uji kompetensi, saran dan masukan dari masyarakat serta pemeriksaan kesehatan dan wawancara. Rangkaian seleksi dilakukan pada 3 Desember 2019 hingga 30 Juli 2020.

Baca juga: BAZNAS raih penghargaan internasional GIFA Awards 2020
Baca juga: Baznas Bazis bagikan 260 kupon santunan di Kepulauan Seribu


Tarmizi yang juga Sekretaris Tim Seleksi Anggota Baznas 2020-2025 menjelaskan awalnya Menteri Agama melaporkan 16 nama kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian, kata dia, nama-nama tersebut diseleksi untuk dikirim ke DPR guna mendapat pertimbangan. Selain dari unsur masyarakat anggota Baznas juga terdiri 3 anggota unsur dari pemerintah perwakilan dari Kementerian Agama, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Ia mengatakan delapan anggota Baznas periode baru itu di antaranya Noor Achmad (Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat), Muhammad Nadratuzzaman Hosen (anggota MUI Pusat), Mokhammad Makhdum (mantan Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Zainulbahar Noor (Dubes RI di Yordania dan Wakil Anggota BAZNAS 2015-2020).

Baca juga: Peternak binaan BAZNAS manfaatkan akikah daring
Baca juga: 750 warga Jakarta Utara dapat santunan Muharram 1442 H


Kemudian, kata dia, terdapat Saidah Sakwan (mantan anggota DPR RI), Rizaludin Kurniawan (Direktur Perhimpunan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah/Lazismu), Nur Chamdani (anggota Tentara Nasional Indonesia) dan Achmad Sudrajat (Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU/LAZISNU).

DPR dalam sidang paripurna Senin (5/9) menetapkan delapan anggota Baznas. Sidang dipimpin Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin didampingi Ketua DPR Puan Maharani, Rachmat Gobel, Sufmi Dasco Achmad dan Muhaimin Iskandar. Beberapa anggota DPR menghadiri acara tersebut secara daring.

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mengatakan setelah penetapan oleh DPR selanjutnya anggota Baznas akan ke istana untuk dilantik Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Baznas salurkan 4.000 paket sembako untuk warga Bangka
Baca juga: 1.000 dhuafa di Singkawang-Kalbar dibantu Baznas dengan dana zakat
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020