Basarnas tetapkan Labuan Bajo-NTT jadi pusat latihan SAR nasional

Basarnas tetapkan Labuan Bajo-NTT jadi pusat latihan SAR nasional

Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas, Marsekal Pertama TNI Amirullah H.Z (kiri) saat melakukan monitoring optimalisasi peralatan jaringan informasi dan komunikasi di Kantor SAR Kelas B Maumere, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (7/10/2020). (FOTO ANTARA/HO- Basarnas Maumere).

Kupang (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur sebagai lokasi latihan SAR nasional yang berlangsung pada November 2020.

"Kantor SAR Maumere patut bangga dengan kepercayaan sebagai tuan rumah latihan SAR gabungan nasional yang berlangsung di daerah tujuan wisata internasional itu," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas, Marsekal Pertama TNI Amirullah H.Z saat melakukan monitoring optimalisasi peralatan jaringan informasi dan komunikasi di Kantor SAR Kelas B Maumere, Rabu.

Selama berada di Kantor SAR Maumere, Amirulla H Z melakukan pengecekan berbagai fasilitas SAR seperti rak server, "grounding", UPS, fasilitas internet dan "Ip Phone" yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.

IP Phone adalah telepon yang menggunakan suara melalui IP teknologi yang memungkinkan panggilan telepon yang akan dilakukan melalui jaringan IP, seperti internet, bukan seperti biasa melalui PSTN

Pengecekan peralatan tersebut bertujuan untuk memastikan semua fasilitas yang dimiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere siap digunakan dalam melaksanakan operasi SAR.

Amirullah mengatakan, Kantor SAR Maumere di Pulau Flores itu patut berbangga karena akan menjadi tuan rumah dalam rangka latihan SAR gabungan nasional di Labuan Bajo pada November 2020.

Menurut dia, penetapan Labuan Bajo sebagai lokasi latihan SAR Nasional mengingat daerah ujung barat Pulau Flores itu merupakan daerah wisata super prioritas Indonesia.

Ia juga mengatakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere terpilih menjadi perwakilan Kantor SAR bagian timur dalam melaksanakan reformasi birokrasi, sehingga dibutuhkan layanan publikasi kepada masyarakat, berupa pemasangan "videotron" di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, demikian Amirullah H.Z.

Baca juga: Nelayan di Labuan Bajo diminta Basarnas waspadai gelombang tinggi

Baca juga: 142 penumpang KM DK tenggelam di Labuhan Bajo diselamatkan

Baca juga: Badan Otoritas harapkan kemudahan akses ke kawasan Labuhan Bajo

Baca juga: Cuaca buruk, pelayaran Sape-Labuan Bajo ditutup
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020