Dari 71 orang pegawai Lapas Klas II B Tebing Tinggi yang dites cepat, ditemukan satu orang reaktif
Tebing Tinggi, Sumut (ANTARA) - Seorang dokter yang bertugas di Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan tes usap (swab) yang dilakukan terhadapnya.

Kepala Lapas Klas II B Tebing Tinggi, Herliadi, di Kota Tebing Tinggi, Jumat, membenarkan salah seorang tenaga medis di Lapas itu terpapar positif COVID-19.

Saat ini, mata dia, telah dilakukan penelusuran (tracing) dan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pegawai Lapas Klas II B Tebing Tinggi.

"Kami mengetahui informasi tersebut dari Dinas Kesehatan Tebing Tinggi karena kebetulan dokter tersebut melakukan tes usap mandiri di Dinas Kesehatan dan hasilnya terkonfirmasi positif," katanya.

Herliadi menjelaskan upaya yang dilakukan terhadap kondisi tersebut adalah untuk sementara dokter yang bersangkutan secara mandiri langsung berobat ke Medan.

"Usai diterimanya laporan tersebut kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Tebing Tinggi untuk melakukan pemeriksaan uji 'rapid test' secara massal terhadap seluruh pegawai lapas," katanya.

Ia menyebutkan dari 71 orang pegawai Lapas Klas II B Tebing Tinggi yang dites cepat, ditemukan satu orang reaktif.

"Terhadap satu orang yang reaktif tersebut oleh Dinas Kesehatan langsung dilanjutkan pemeriksaan tes usap, dan selama menunggu hasilnya diberi kebijakan isolasi mandiri di rumahnya," katanya.

Sementara aktivitas di lapas sendiri sampai Jumat (9/10) 2020  berjalan normal seperti biasanya, apalagi selama ini dokter tersebut jarang berhubungan langsung dengan warga binaan karena yang berhubungan langsung itu adalah perawatnya.

"Jadi kondisi warga binaan saat ini sehat dan mudah-mudahan terhindar dari terpapar COVID-19," demikian Herliadi,.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Tebing Tinggi bertambah 7 orang

Baca juga: Dokter Henny tak kenal lelah demi penanggulangan COVID-19

Baca juga: Enam tenaga medis, positif COVID-19 di Serdang Bedagai-Sumut naik

Baca juga: Karyawati minimarket di Tebing Tinggi positif COVID-19


 

Pewarta: Juraidi dan Dhani Elison
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020