100 hari merupakan langkah awal Direktur Utama LPP TVRI merealisasikan janji-janji serta menunjukkan pencapaian kinerjanya.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno mengatakan pihaknya akan segera meresmikan stasiun penyiaran ke-30 milik lembaga penyiaran publik itu di Provinsi Papua Barat, Rabu (28/10) atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Penambahan jumlah stasiun itu untuk peningkatan layanan kepada publik dalam bentuk siaran televisi hingga seluruh pelosok Indonesia.

"Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah segera diresmikan TVRI Stasiun Papua Barat sehingga akan menggenapkan jumlah stasiun penyiaran TVRI menjadi stasiun penyiaran yang ke-30,"  kata Iman dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dirut TVRI bersyukur telah melewati 100 hari kerjanya dengan keberhasilan TVRI menambah aset bagi lembaga penyiaran publik itu berupa penambahan lahan dan peralatan yang berasal dari hibah pemerintah daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

Terkait dengan hibah lahan di Provinsi Papua Barat, TVRI memutuskan untuk meluncurkan stasiun penyiaran ke-30 tersebut.

Baca juga: Dirut TVRI akan nonaktifkan akun sosmed agar bisa fokus bekerja

Dalam segi kesejahteraan karyawan, Iman juga telah menyelesaikan pengurusan tunggakan tunjangan kinerja (tunkin) yang tertunda (Oktober 2018—Desember 2019 ) sebesar Rp256 miliar pada masa waktu pengurusan selama 3 bulan di Kementerian Keuangan.

Masih terkait dengan soal anggaran, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, pengajuan anggaran TVRI pada tahun 2021 atau Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA K/L) 2021 telah disetujui DPR RI dan pemerintah dengan adanya penambahan anggaran sebesar Rp400 miliar.

"(Anggaran) ini merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah TVRI. Penambahan anggaran ini di luar tambahan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) untuk Pilkada 2020," kata Iman.

Untuk pencapaian SDM berkualitas, Iman mengatakan bahwa LPP TVRI mempunyai program penyelenggaraan lokakarya produksi stasiun TVRI daerah, termasuk pelatihan kameramen dalam air (underwater cameramen).

Dirut yang juga sineas berpengalaman itu pun turut andil menjadi instruktur serta mengundang para pembuat film, seperti Hanung Bramantyo, Anggi Umbara, untuk memberi materi tentang editor, director of photography (DOP), dan penulis skrip kepada tenaga produksi dan tim kreatif TVRI.

Baca juga: Dirut TVRI tanggapi cuitan lawas yang viral dikomentari warganet

Selama masa pandemi, Iman mengatakan bahwa peran TVRI adalah menjadi televisi publik yang mendukung Pemerintah dalam sosialisasi penganganan COVID-19 serta dalam Komite Penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.
​​​​​​​
Iman pun ikut memberi arahan kepada dedicated team TVRI di BNPB sekaligus penciptaan program atau konten berita tentang COVID-19 maupun pemulihan ekonomi nasional.

Mencermati perjalanan 100 hari kerja Direktur Utama sangat penting karena 100 hari merupakan langkah awal Direktur Utama LPP TVRI merealisasikan janji-janji serta menunjukkan pencapaian kinerjanya.

Iman mengatakan bahwa 100 hari masa kerjanya ini, TVRI sedang bersemangat mengejar penonton dari kalangan milenial dan menghadirkan perbaikan layanan siaran bagi masyarakat.

"Sesuai dengan tugas dan fungsi TVRI sebagai lembaga penyiaran publik, dalam masa 100 hari kerja ini, masyarakat telah dapat menikmati sejumlah program unggulan LPP TVRI, dengan perubahan audience share ke milenial," ujar Iman.

Baca juga: HNW: Dewas TVRI tidak pertimbangkan TAP MPR pilih Dirut

Adapun sejumlah program LPP TVRI yang diunggulkan untuk menyasar milenial antara lain:
1. PATEN (Pemuda Kreatif dan Keren)
2. RUMUS (Rumah Musik) Indonesia
3. Indonesia Sehat
4. Kawan Bicara
5. Klik Indonesia
6. Refocusing Pesona Indonesia (Standar Baru)

Selain itu, kata Iman, masyarakat juga akan segera menyaksikan pergelaran Gatra Kencana, sebuah acara tahunan LPP TVRI yang akan menghadirkan program-program istimewa hasil karya insan TVRI di seluruh Indonesia.

Masyarakat Indonesia juga akan kembali dihibur dengan kehadiran drama miniseri 'Losmen Reborn' yang akan menjadi salah satu program unggulan LPP TVRI, serta program humor 'Pasti Geer' bersama artis seperti Cak Lontong, Jarwo Kwat, dan lain-lain, yang selalu bisa menghadirkan gelak tawa di tengah pemirsa setia TVRI.

Baca juga: FPKS sesalkan Dewas TVRI lanjutkan pemilihan Dirut PAW

Pada masa 100 hari kerjanya, Iman juga melakukan pemberdayaan kanal tiga digital yang akan menghadirkan TVRI World dengan pola siaran 24 jam.

TVRI World akan menjadi kanal bagi pemirsa luar negeri dan dalam negeri kelas A, B yang berisi ruang promosi, pariwisata, seni, budaya, berita tentang Indonesia, isu-isu terkini (current issues) dan berita (news).

"TVRI sebagai media pemersatu bangsa tidak akan berhenti pada tataran kata yang diucapkan, tetapi hal tersebut hadir sebagai karya yang nyata bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkas Iman.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020