Bila anak-anak dapat mengambil peran dalam penanganan dan pencegahan penularan COVID-19, maka hal itu sangat luar biasa.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga meminta anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak ikut aktif menyosialisasikan Protokol Kesehatan Keluarga untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya pada klaster keluarga.

"Forum Anak adalah jaringan yang cukup besar. Kreativitas dan inovasi anak-anak diharapkan berdampak positif dalam sosialisasi Protokol Kesehatan Keluarga," kata Bintang saat berdialog secara daring dengan para pegiat Forum Anak yang dipantau dari Jakarta, Sabtu.

Bintang mengatakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendapatkan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo setelah terjadi peningkatan keterpaparan COVID-19 pada klaster keluarga.

Arahan Presiden adalah sosialisasi Gerakan 3M; yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; dengan melibatkan organisasi perempuan dan tokoh masyarakat dan penyusunan Protokol Kesehatan Keluarga.

Baca juga: Menteri PPPA:Koperasi berpotensi jadi penggerak pemberdayaan perempuan

"Anak-anak sudah dilibatkan dalam sosialisasi 3M dan banyak kreativitas dan inovasi yang dilakukan. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak hebat yang mengambil peran dalam pandemi COVID-19 ini," tuturnya.

Menurut Bintang, pandemi COVID-19 adalah situasi yang sulit bagi semua orang. Bila anak-anak dapat mengambil peran dalam penanganan dan pencegahan penularan COVID-19, maka hal itu sangat luar biasa.

Ia mengatakan Protokol Kesehatan Keluarga mencakup empat aspek, yaitu protokol kesehatan keluarga secara umum, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar, protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah, dan protokol kesehatan di lingkungan sekitar ketika ada warga yang terpapar.

Baca juga: Menteri PPPA: Ibu berperan penting cegah keluarga terpapar COVID-19

"Mohon anak-anak ikut mengambil peran, seperti saat anak-anak menyosialisasikan 3M secara masif," ujarnya.

Beberapa panduan dalam Protokol Kesehatan Keluarga secara umum adalah tentang 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Selain itu juga menghindari kerumunan, meningkatkan daya tahan tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat, membatasi interaksi dengan orang lain, tidak merokok di dalam rumah, serta menerapkan etika batuk dan bersin. (T.D018)

Baca juga: Menteri PPPA: Pemberdayaan perempuan tekan kekerasan dan eksploitasi

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020