Tumbuhkan bisnis milenial, Baznas Jaksel gelar kompetisi Jakbee

Tumbuhkan bisnis milenial, Baznas Jaksel gelar kompetisi Jakbee

Baznas Bazis Kota Jakarta Selatan mengadakan kompetisi proposal bisnis JakBee Bussines Proposal 2020 bagi pelajar SMA sederajat, Sabtu (17/10/2020). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Jakarta Selatan mengadakan kompetisi Jakarta Baznas Bazis Entrepreneur Empowerment atau JakBee 
Bussines Proposal 2020 untuk menumbuhkan ide bisnis baru yang kreatif dan inovatif dari kalangan milenial.

"Jakbee merupakan kompetisi proposal bisnis yang bertujuan untuk memunculkan ide-ide bisnis baru yang milenial untuk pengembangan potensi binsi di Ibu Kota," kata Kepala Baznas-Bazis Jakarta Selatan Yasdar ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Yasdar menyebutkan kompetisi Jakbee merupakan angkatan kedua, dengan peserta para siswa dari jenjang pendidikan SMA/SMK. Untuk angkatan pertama, yakni 2019, kompetisi ditujukan bagi pelajar SMP.

"Pendaftaran kompetisi sudah dibuka sejak tanggal 3 Oktober, dengan batas akhir pendaftaran 20 Oktober 2020," katanya.

Saat ini, tim tengah mengumpulkan proposal bisnis pelajar yang telah didaftarkan para peserta.

Dalam ajang kompetisi ini, tim para pelajar (masing-masing tim terdiri atas tiga orang) ditantang untuk membuat proposal bisnis.

Setelah pendaftaran, tahap selanjutnya seleksi berkas dan proposal bisnis pada 23-25 Oktober 2020. "Pengumuman 20 besar tim proposal bisnis pada 27 Oktober 2020," ujarnya.

Baca juga: Baznas Jaksel salurkan beasiswa untuk 755 mahasiswa terdampak COVID-19
Baca juga: Baznas Jaksel bedah 68 rumah tidak layak huni
Baca juga: Pemkot Jaksel dan Baznas salurkan ribuan "bongsang" untuk kurban


Bagi tim yang lolos 20 besar selanjutnya akan mengikuti kompetisi secara virtual pada 28-30 Oktober 2020.

Yasdar menyebutkan, kompetisi ini tidak hanya untuk memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah, tapi juga menjadi ajang para siswa berkreativitas dan membangun jejaring.

Para pemenang kompetisi proposal bisnis pelajar ini akan diumumkan pada 1 November 2020 dan penyerahan hadiah serta piala Wali Kota Jakbee Business Proposal 2020 pada 2 November 2020.

"Nantinya kita ambil juara 1, 2 dan 3, para pemenang Jakbee proposal bisnis pelajar akan diikutsertakan dalam kompetisi serupa di tingkat provinsi," ujarnya.

Adapun syarat yang harus dilengkapi para peserta, yakni satu tim terdiri atas tiga orang, berstatus pelajar SMA sederajat yang bersekolah di DKI Jakarta.

Peserta wajib mengikuti media sosial (Intagram) @baznasbazisdkijakarta lalu mention lima orang temannya, proposal bisnis dibuat dengan menggunakan tagar #JakbeePelajar #kamipemuda

Bagi pelajar yang ingin mengikuti kompetisi ini bisa langsung mendaftar secara daring dengan mengunggah surat rekomendasi sekolah yang dapat diunduh melalui tautan http://bit.ly/SuratRekomendasiSekolahJakbee dan daftar serta pengumpulan proposal melalui tautan http://bit.ly/JakbeeBusinessProposal2020.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020