New York (ANTARA) - Dolar melemah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), saat investor sangat optimis bahwa kesepakatan di Washington tentang paket stimulus fiskal dapat dicapai menjelang pemilihan AS 3 November, dan bahwa vaksin virus Corona akan siap pada akhir tahun.

Indeks dolar tergelincir 0,3 persen, menghapus sebagian dari kenaikan 0,7 persen dari minggu lalu ketika lonjakan global dalam kasus virus Corona dan kebuntuan atas paket stimulus memicu kehati-hatian.

Kelembutan dalam safe-haven greenback terjadi setelah Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan bahwa dia yakin undang-undang stimulus dapat didorong sebelum Hari Pemilihan AS, sementara mengakui kesepakatan akan datang pada Selasa untuk mewujudkannya.

Baca juga: Emas "rebound" terangkat penurunan dolar dan harapan paket bantuan AS

"Ada peningkatan optimisme bahwa akan ada upaya kuat terakhir untuk mendapatkan kesepakatan stimulus," kata Edward Moya, analis pasar senior di Oanda di New York.

Pasar "tidak menahan napas, tetapi ada harapan bahwa setelah kami melewati pemilihan, sesuatu akan dapat diselesaikan sehingga kami tidak perlu menunggu hingga Februari, yang akan terlalu lama untuk banyak perusahaan kecil dan keluarga,” katanya.

Indeks dolar diperdagangkan dalam kisaran ketat 93,207 hingga 93,767, dan dari perspektif teknis, kemungkinan akan tetap terikat dalam kisaran sempit minggu ini, kata Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex.

Meningkatkan sentimen pasar secara keseluruhan, pembuat obat Pfizer Inc mengatakan pada Jumat (16/10/2020) bahwa mereka berpotensi memiliki vaksin virus corona yang siap di Amerika Serikat pada akhir tahun.

Di tempat lain, sterling menguat 0,22 persen terhadap dolar menjadi 1,2952 dolar ketika harapan meningkat bahwa negosiator Inggris dan Eropa mungkin dapat menyelamatkan pembicaraan perdagangan pasca-Brexit.

Baca juga: Dolar di kisaran paruh bawah 105 yen pada awal perdagangan di Tokyo

"Bisa jadi kesepakatan akan dicapai pada satu jam terakhir, karena pasar tampaknya mengharapkan, tetapi kurangnya kemajuan yang terlihat baru-baru ini menyoroti kemungkinan berbeda bahwa tidak ada kesepakatan yang dicapai," kata ANZ Research dalam catatan klien .

Euro menguat 0,44 persen menjadi 1,1770 dolar, sedangkan dolar melemah 0,03 persen menjadi 105,38 yen per dolar.

Mata uang Asia terpapar perdagangan yqng menguat pada Senin (19/10/2020) saat data menunjukkan pemulihan ekonomi China dari pandemi yang dipercepat pada kuartal ketiga, dengan yuan melonjak ke level tertinggi baru satu setengah tahun terhadap dolar.

Produk domestik bruto China tumbuh 4,9 persen dalam periode yang berakhir 30 September dari setahun sebelumnya, lebih lambat dari perkiraan analis, tetapi lebih cepat dari kuartal kedua dan dibantu oleh keuntungan yang kuat dalam output industri dan peningkatan penjualan ritel.

Mata uang China menyentuh 6,6737 terhadap dolar AS di pasar luar negeri, terkuat sejak Maret 2019, sebelum turun kembali 0,29 persen.

Yuan telah diuntungkan dalam beberapa bulan terakhir dari harapan bahwa kandidat Demokrat Joe Biden akan memenangkan pemilihan presiden, saat ia dianggap kurang mengancam hubungan AS-China daripada Presiden dari Republik, Donald Trump.

Lee Hardman, analis mata uang di MUFG, mengatakan "renminbi, mata uang Asia lainnya dan mata uang terkait komoditas akan terus diuntungkan," mencatat bahwa penyebaran COVID-19 di Asia tetap lebih terkendali daripada di seluruh dunia dan itu menunjukkan "kelanjutan kinerja siklus" di sana.

Dolar Australia merosot 0,18 persen menjadi 0,7066 dolar, sedangkan dolar Selandia Baru menguat 0,08 persen menjadi 0,6609 dolar.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memenangkan pemilihan ulang pada Sabtu (17/10/2020), memberikan kemenangan pemilihan terbesar untuk Partai Buruh kiri-tengahnya dalam setengah abad.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020