Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pentingnya sistem pendukung dari masyarakat hingga pemerintah untuk kesembuhan pasien COVID-19.

Bentuk dukungan yang harus diberikan pemerintah salah satunya adalah dengan memberikan edukasi mengenai virus tersebut.

"Tentang penjelasan penyakitnya, cara penularannya, hingga pengobatannya, sehingga masyarakat dapat cerdas memahami dan terhindar dari stigma negatif dari COVID-19," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bamsoet dorong pemerintah beri perhatian khusus daerah tinggi COVID-19

Selain pemerintah, kata dia, masyarakat dan keluarga pasien COVID-19 juga memiliki peran penting untuk memberikan dukungan moral hingga fisik, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam proses dukungan tersebut.

Dia pun mengingatkan media untuk turut terlibat dalam sistem dukungan pasien COVID-19, dengan cara bersikap bijak dalam menyampaikan informasi mengenai penyakit tersebut.

Baca juga: Bamsoet : Pasien COVID-19 perlu pendampingan mental hadapi stigma

"Seluruh media agar turut berpartisipasi dalam menyampaikan berita dan informasi terkait COVID-19 secara bijak, sehingga tidak menimbulkan kecemasan di masyarakat serta memberi dampak negatif terhadap pasien," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengajak pasien COVID-19 untuk tetap semangat menjalani masa penyembuhan dan pemulihan mereka.

Baca juga: MPR dorong pemerintah siapkan skema vaksinasi massal COVID-19

"Kepada masyarakat yang masih dalam keadaan sehat untuk selalu menjaga agar tetap sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, berkegiatan positif, dan membangun sistem imun tubuh yang kuat," kata Bamsoet.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020