Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat, Jenderal James C McConville, menggelar pertemuan melalui video conference.

Dalam pertemuan itu di antaranya membicarakan terkait personel TNI AD yang mengikuti latihan bersama tentara Amerika Serikat di Pusat Pelatihan Kesiapan Bersama (Joint Readiness Training Center/JRTC) di negara Paman Sam itu.

Andika mengatakan dalam video telekonferensi yang diunggah pada akun YouTube TNI AD, Rabu (21/10), dia mempercayakan pasukan TNI AD kepada McConville.
"Saya percaya pasukan TNI AD berada di tangan yang tepat," ujarnya dalam video berdurasi satu menit 43 detik yang dilihat di Jakarta. Pertemuan virtual juga dihadiri jajaran petinggi TNI AD.

Baca juga: Kasad lepas keberangkatan prajurit TNI AD latihan bersama US Army

Andika berharap prajurit TNI AD mendapatkan pelatihan dan pengalaman yang membuat mereka menjadi lebih baik dan menjadi prajurit yang hebat selama melakukan latihan bersama dengan tentara Amerika Serikat.

Ia  juga meminta agar kegiatan TNI AD selama menjalani latihan bersama bisa didokumentasikan, mulai dari kedatangan hingga saat kembali ke Indonesia.⁣ “Ini adalah momen terbesar kami dengan mengirimkan 125 personel, sehingga kami ingin kegiatan-kegiatan berharga di sana dapat direkam dan didokumentasikan,” ujar dia.⁣

Baca juga: Kasad beri arahan prajurit JRTC 21-01 yang akan ke AS

McConville menyambut baik permintaan dari kolega Indonesianya itu. Ia mengatakan akan meminta stafnya mengirim tim liput untuk melakukan dokumentasi itu.
"Kami juga akan panggil staf kami secepatnya, dan akan saya sampaikan permintaan anda," katanya.

Selain membahas terkait latihan bersama, Andika dan McConville juga membahas penanganan Covid-19 di masing-masing negara dan persiapan pelaksanaan vaksinasi dalam video telekonferensi yang dilakukan dari Markas Besar TNI AD itu.

Baca juga: Kasad Andika Perkasa apresiasi langkah putra mantan petinggi Kopassus

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020