Buruh aksi lagi, cek pengalihan lalu lintas di sekitar Istana Merdeka

Buruh aksi lagi, cek pengalihan lalu lintas di sekitar Istana Merdeka

Rute pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya untuk pengamanan aksi buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat Indonesia (GEBRAK) di Kawasan Istana Merdeka, Selasa (22/10/2020). (ANTARA/HO/Ditlantas Polda Metro Jaya)

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya kembali menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, imbas adanya aksi dari elemen buruh yang menokak UU Cipta Lapangan Kerja.

"Hindari Kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Massa dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan berkumpul di depan kantor ILO untuk kemudian melakukan long march menuju Istana Merdeka.

Karena itu, bagi pengguna jalan diharapkan untuk menghindari kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin.

Meski demikian pengalihan arus lalu lintas itu diterapkan situasional mengikuti pergerakan di lapangan.

Ada 7 rute pengalihan lalu lintas yang disiapkan khusus pada Kamis ini untuk memastikan arus lalu lintas tetap kondusif meski ada aksi buruh.

Baca juga: Polda Metro Jaya amankan 270 orang pada unjuk rasa 20 Oktober
Baca juga: Polda Metro Jaya tahan 20 pembakar Halte TransJakarta

Berikut rute pengalihan lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.
2.Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.
5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.
7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.
Baca juga: Polisi temukan ajakan ricuh pada demo 20 Oktober
Baca juga: Petani Cilacap ikut berdemo di Jakarta
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020