Platform digital karya santri diluncurkan di Kota Malang

Platform digital karya santri diluncurkan di Kota Malang

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, pada saat peluncuran platform digital bidang pendidikan Santri.net, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (22/10/2020), (ANTARA/Pool-Avrista Midaada)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar  meluncurkan platform digital di bidang pendidikan yakni Santri.net, yang diharapkan mampu menjadi solusi pendidikan di tengah pandemi virus Corona.

Muhaimin menjelaskan, sektor pendidikan nasional saat ini tengah mengalami banyak tantangan, terutama pada saat pandemi COVID-19, dikarenakan sistem pendidikan jarak jauh atau virtual banyak membuat siswa dan orang tua merasa kesulitan.

"Kita bahu-membahu melalui teknologi informasi, dan kreativitas melalui Santri.net untuk bisa menjadi solusi bagi kebuntuan model pendidikan di tengah pandemi," kata Muhaimin, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis.

Muhaimin menambahkan dengan kondisi yang penuh tantangan di tengah pandemi COVID-19, perlu ada gerakan bangkit belajar untuk mengatasi kebuntuan dan stagnasi pendidik di tengah pandemi, dan salah satunya melalui platform digital Santri.net.

"Platform Santri.net memberikan solusi tantangan stagnasi. Yang kuat membantu yang lemah, pesantren bisa memberikan solusi atas tantangan pendidikan," katanya.

Muhaimin meluncurkan platform tersebut di Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Jawa Timur, dalam rangkaian peringatan Hari Santri. Diharapkan, platform digital tersebut bisa memberikan solusi kepada siswa, dan orang tua di tengah pandemi COVID-19.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Bidang Kesra dan Perekonomian, Ida Fauziyah, mengatakan, platform Santri.net saat ini sudah bisa diakses oleh sekitar 1.000 pondok pesantren.

Ke depannya diharapkan total 27 ribu ponpes yang ada di Indonesia dapat menikmati fasilitas dan kemudahan yang disediakan pada platform digital tersebut. Diharapkan, seluruh pesantren yang ada, bisa memanfaatkan platform tersebut.

"Santri.net adalah platform digital yang mengatasi tidak terlaksananya pendidikan secara langsung. Saat ini banyak pesantren yang telah mengembangkan pendidikan virtual, tapi masih menggunakan platform lain. Sehingga kami berharap semua menyatu di Santri.net," kata Ida.

Wanita yang juga menjabat Menteri Ketenagakerjaan itu menambahkan, platform Santri.net merupakan buatan para santri terbaik di Indonesia. Pata santri ini mendedikasikan dirinya untuk membuat sebuah model pembelajaran model pondok pesantren.

"Semua tradisi mengaji di pesantren sama persis, hanya caranya virtual. Ini mengatasi kesenjangan juga, jadi sarana silaturahmi dan mempertemukan santri dari berbagai pesantren," tutup Ida.

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020