Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap gelaran Piala Dunia U-20 akan memberikan tuah terutama di bidang ekonomi pariwisata seiring dengan ditunjuknya dua stadion yang berada di wilayah itu sebagai tempat latihan.

"Meski hanya sebagai tempat latihan, kami berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 memberi dampak dengan semakin mengenalkan Sumedang ke mata dunia," ujar Kepala Dinas Disparbudpora Hari Santosa kepada ANTARA, Jumat.

Pemerintah telah menunjuk Stadion IPDN dan Stadion Jati Unpad di Kabupaten Sumedang sebagai tempat penyerta penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Kedua lapangan itu diproyeksikan sebagai lapangan pendukung untuk gelaran Piala Dunia U-20 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Stadion Jati Unpad segera berbenah sambut Piala Dunia U-20

Pemkab Sumedang, kata dia, memang hanya bertindak sebagai fasilitator terhadap dua tempat tersebut. Selebihnya merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Akan tetapi, mengingat ada lokasi di wilayahnya yang akan digunakan sebagai tempat latihan sejumlah negara tentu momentum tersebut mesti dimanfaatkan dengan baik.

Apabila diperbolehkan FIFA, mereka akan menggelar pameran budaya serta mempromosikan tempat wisata yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Sumedang.

Baca juga: Pemkab anggarkan Rp27 miliar untuk renovasi SJH jelang Piala Dunia U20

Di samping itu, banyaknya wisata lintas alam bisa dimaksimalkan untuk menggenjot pariwisata olahraga seperti yang digembor-gemborkan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Peluang ini akan kita sikapi. Mudah-mudahan mereka tidak hanya latihan di sana mungkin sesekali bisa meluangkan waktu untuk wisata. Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat apakah memungkinkan," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menunjuk tiga tempat yang akan digunakan sebagai tempat latihan dan menjadi penyerta Stadion Si Jalak Harupat sebagai venue utama pertandingan Piala Dunia U-20.

Tiga tempat latihan yang akan digunakan yakni Stadion IPDN (Kabupaten Sumedang), Stadion Jati Universitas Padjadjaran (Kabupaten Sumedang), dan Stadion Sidolig (Kota Bandung).

Baca juga: Dirut PPKGBK tegaskan kawasan GBK siap untuk Piala Dunia U-20

Baca juga: PSSI: FIFA tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020