Teten Masduki janji kirimkan tim untuk atasi kendala UMKM di NTT

Teten Masduki janji kirimkan tim untuk atasi kendala UMKM di NTT

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kiri) didampingi Ketua Dekranasda NTT Julie Laiskodat menunjukan kemasan kopi dari hasil karya para pelaku UMKM di NTT saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang, NTT, Jumat (23/10/2020). Kedatangan Menteri Koperasi dan UKM ke NTT dalamrangka mempercepat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi koperasi dan UKM di Provinsi itu.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Kupang (ANTARA) - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan membantu mengembangkan enam produk unggulan di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membantu mengentaskan masalah kemiskinan di daerah itu.

"Tadi kami banyak berdiskusi dengan Ketua Dekranasda NTT mengenai potensi yang dapat dikembangkan di NTT dan ada enam produk yang sudah disebutkan tadi," kata Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki kepada wartawan di Kupang, Jumat.

Enam produk unggulan yang bisa dikembangkan itu adalah kelor atau moringa oleifera , tenun ikat, kopi, garam, rumput laut, dan yang terakhir adalah coklat yang saat ini sedang dikembangkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di NTT.

Baca juga: Ungkap kelebihan UMKM, Teten Masduki: Banting setirnya itu cepat

Teten mengatakan dari keluhan dari para pelaku UMKM di NTT diketahui bahwa saat ini kendala yang dihadapi adalah pemasaran dari produk yang sudah ada.

"Nanti kami akan kirim tim untuk meninjau dan mempelajari kira-kira intervensi apa yang dibutuhkan, termasuk membuat desain model bisnis apa yang dikembangkan," tutur Teten.

Lebih lanjut Teten Masduki menambahkan bahwa sebenarnya pertumbuhan ekonomi itu tidak harus dalam bentuk konglomerasi, tetapi dalam bentuk kekuatan-kekuatan ekonomi rakyat karena dikelola dengan bisnis yang efisien.

Baca juga: Digitalisasi UMKM dan masa depan bangsa

"Itu bisa menjadi kekuatan ekonomi yang lebih kokoh dari pada ekonomi itu dikuasai oleh konglomerasi. Selandia Baru misalnya, itu adalah negara yang berkembang dari sektor UMKM-nya," ucap Teten.

Presiden Joko Widodo, kata dia, telah meminta untuk melihat potensi apa yang ada di NTT guna mengatasi masalah kemiskinan di provinsi yang terkenal dengan wisata Pulau Komodo itu.

"Dan menurut saya moringga (kelor) dapat menjadi salah satu produk unggulan yang dapat dikembangkan," tutur Teten.

Baca juga: Teten Masduki sebut koperasi di NTT terbaik di Indonesia

 
Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020