Keteladanan para dokter di masa pandemi ini menginspirasi jutaan anak bangsa
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada para dokter yang menjadi garda terdepan dalam mencegah dan menangani masalah kesehatan termasuk masalah pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian, perjuangan, serta pengorbanan para dokter Indonesia yang selalu berada di garda terdepan dalam melakukan pencegahan dan penanganan masalah kesehatan,” kata Presiden dalam peringatan hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagaimana video yang ditayangkan Sekretariat Presiden, Sabtu, di Jakarta.

Presiden mengatakan para dokter juga berjasa karena telah memberikan layanan kesehatan di seluruh pelosok Tanah Air, di kampung-kampung, di perbatasan, di pulau terdepan, dan juga di kawasan terisolir.

"Saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas pengabdian, perjuangan, dan pengorbanan para dokter Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat keluhkan ketiadaan dokter di puskesmas

Baca juga: Jokowi terima PB IDI di Istana Merdeka


Terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19, kata Presiden, masyarakat melihat dan merasakan ketangguhan para dokter sebagai pejuang kemanusiaan yang telah mengorbankan waktu dan tenaga untuk menyelamatkan sesama.

Presiden juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga dari 136 dokter yang gugur saat menjalankan tugasnya menangani pasien COVID-19. Presiden mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta turut mendoakan agar amal ibadah dan pengabdian para dokter tersebut agar diterima oleh Allah Swt.

"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling peduli, bersatu-padu meringankan beban sesama, bersinergi mengatasi pandemi, dan berjuang bersama untuk pulih dan bangkit," kata Presiden.

Baca juga: Presiden berbincang dengan dokter paru-paru soal penanganan COVID-19

Baca juga: Presiden pastikan kekurangan dokter segera teratasi


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020