menjadi pilar untuk memastikan bangsa ini melewati pandemi
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan berharap agar dokter-dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bisa menjadi pilar untuk menuntun warga Indonesia bebas dari pandemi COVID-19.

"Kami berharap di usia ke- 70 ini, IDI teruslah menjadi penjaga bahwa dalam menghadapi pandemi ini," ujar Anies dalam video yang diunggah akun instagramnya @aniesbaswedan dalam menyambut hari dokter nasional, Sabtu.

Baca juga: Pesan para dokter di peringatan Hari Dokter Nasional

Lebih lanjut, Anies berharap IDI dapat menjadi soko guru yang dapat dipercaya masyarakat dan menjadi rujukan terkait langkah-langkah penanganan masalah kesehatan yang ada di Indonesia.

"IDI menjadi soko guru terus menjadi pilar untuk menjaga seluruh masyarakat memastikan bangsa ini melewati pandemi," ujar Anies.

Baca juga: Besok Hari Dokter Nasional, konsultasi Halodoc cuma bayar Rp5.000

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun memberikan contoh figur dokter yang dapat ditiru semangat kerjanya oleh para dokter masa kini sehingga dapat membawa rakyat Indonesia lepas dari pandemi.

Ia menceritakan tentang tokoh dokter Tjipto Mangunkusumo yang pada masa 1910 menjadi orang yang berperan penting membawa Indonesia bebas dari wabah pes.

Baca juga: IDAI: Jangan biarkan tumbuh kembang anak tidak normal akibat COVID-19

"Ketika semua orang menghindari, dia malah mengambil langkah untuk berangkat ke sana dan menyelamatkan sesama. Peristiwa itu dikenang sampai sekarang. Keberanian untuk mengambil pilihan yang sulit, tidak mudah, demi menyelamatkan sesama,"ujar Anies.

Menutup videonya, Anies berharap agar seluruh insan yang terlibat dalam penanganan COVID-19 dapat diberikan kesehatan sehingga selalu prima.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020