Satpol PP Bogor putar balik 1.200 truk dari lokasi tambang

Satpol PP Bogor putar balik 1.200 truk dari lokasi tambang

Beberapa truk tambang diputar balik oleh petugas Satpol PP saat hendak menuju lokasi tambang di Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/HO-Pemkab Bogor

Klapanunggal, Bogor (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memutar balik sekitar 1.200 truk setelah melakukan penyegelan lokasi tambang di Desa Lulut, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Beberapa lokasi tambang kami segel di Desa Lulut Klapanunggal. Untuk truk pengangkut, kami putar balikan semua," ungkap Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhallah dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Bogor, Sabtu.

Menurut dia, penyegelan lokasi tambang galian C tersebut berawal dari laporan warga bahwa kegiatan penambangan yang seharusnya dihentikan tetapi tetap berjalan.

Baca juga: Balai Gakkum LHK amankan operator alat berat galian C di Sorong

Sebelum memutar balik truk yang hendak menuju lokasi tambang, sekitar 30 petugas penegak perda yang diterjunkan tersebut menutup akses beberapa lokasi tembang sehingga tidak bisa dilalui truk.

Agus menyebutkan penyegelan tersebut karena kekhawatiran pemerintah terhadap kerusakan lingkungan dan infrastruktur jalan akibat truk tambang, terlebih para pengelolanya tak mengantongi dokumen perizinan tambang.

"Lokasi tambang di sini cukup besar, segera kami rencanakan untuk berkoordinasi dengan unsur terkait perihal kelanjutan tambang ini nanti," kata Agus.

Saat melakukan penyegelan, kata dia, petugas secara persuasif memberikan pemahaman kepada pengelola pertambangan agar tidak melakukan perlawanan.

Baca juga: Tebing galian C di Grobogan longsor, 3 tewas
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020