Dinkes: 158 warga Rejang Lebong positif COVID-19 setelah penambahan 3

Dinkes: 158 warga Rejang Lebong positif COVID-19 setelah penambahan 3

Sosialisasi STBM dan Protokol Kesehatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Rejang Lebong. (Foto arsip Antarabengkulu.com)

Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terinfeksi COVID-19 terhitung sejak kasus pertama pada Juni hingga 24 Oktober 2020 mencapai 158 orang setelah penambahan tiga orang, Sabtu ini.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong yang juga Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Rejang Lebong, Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, mengatakan dari 158 warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 ini sebanyak 113 orang telah dinyatakan sembuh.

Kemudian dua orang meninggal dunia dan 43 orang lainnya masih menjalani pengawasan maupun karantina.

"Pada hari ini ada penambahan tiga kasus baru terkonfirmasi positif sehingga jumlah keseluruhannya sampai saat ini sebanyak 158 kasus," kata dia.

Baca juga: Dinkes Rejang Lebong: 38 tenaga kesehatan terinfeksi COVID-19

Baca juga: Tenaga kesehatan positif, satu puskesmas di Rejang Lebong ditutup


Dijelaskannya, penambahan tiga kasus baru ini antara lain kasus 156 berjenis kelamin perempuan berusia 64 tahun, asal Kecamatan Curup dengan keluhan sesak, batuk, demam dan saat ini menjalani perawatan di RSUD Curup.

Kemudian kasus 157 berjenis kelamin perempuan berusia 57 tahun asal Kecamatan Selupu Rejang dengan keluhan hilang indera penciuman dan saat ini dirawat di RSUD Curup.
Selanjutnya, kasus 158 merupakan seorang tenaga medis berjenis kelamin perempuan dengan usia 37 tahun asal Kecamatan Curup Timur dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Selain adanya penambahan, pihaknya juga mencatat pelaku perjalanan dari sejumlah kawasan zona merah yang masuk ke daerah itu sebanyak 13.571 orang. Kemudian data jumlah suspek sebanyak 142 kasus, jumlah suspek discarded (sembuh) 121 kasus, jumlah suspek di isolasi nol kasus dan jumlah probable empat kasus.

Sedangkan untuk sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 1.265, dengan hasil dinyatakan positif sebanyak 160 sampel (dua diantaranya titipan Kabupaten Kepahiang) serta jumlah sampel dinyatakan negatif sebanyak 1.105.

Dalam kesempatan itu dia tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.*

Baca juga: Puluhan pasien COVID-19 di Rejang Lebong sembuh

Baca juga: Warga terpapar COVID-19 di Rejang Lebong capai 91 kasus
Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020