Warga Kota Ternate tidak pakai masker disanksi push up

Warga Kota Ternate tidak pakai masker disanksi push up

Penyaluran masker secara gratis ke warga. (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara memberikan sanksi push up kepada masyarakat yang tidak memakai masker di berbagai titik keramaian.

Kepala Bidang Pendisiplinan dan Penegak Hukum Protokol Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Abdullah Sadik, di Ternate, Minggu, mengatakan tim satgas terus melakukan sosialisasi dan memberikan sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker, terutama di tempat keramaian.

Selain itu, pihaknya melakukan patroli wilayah atau malam hari sebagai langkah satgas untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19.

Bahkan, pihaknya menemukan banyak warga yang berada di luar rumah mengabaikan imbauan pemerintah seperti tidak memakai masker.

"Masih ada masyarakat tidak taati protokol kesehatan, langsung kami memberikan sanksi berupa push up dan menghafal Pancasila, sehingga masyarakat dapat menyadari tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah," ujarnya lagi.

Karena itu, kata Abdullah, dengan adanya sanksi push up ini bisa membawa dampak baik bagi masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah memerangi COVID-19, dengan menggelar patroli malam atau wilayah di sejumlah titik di daerah ini, untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 yang tengah melanda Indonesia. Langkah ini sebagai upaya serius pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Menurut Abdullah Sadik, kalau masyarakat telah patuhi protokol kesehatan, maka virus COVID-19 pasti berakhir.

Dia menjelaskan, kasus COVID-19 saat ini di Kota Ternate masih terus mengalami penambahan. Alasannya masyarakat tidak mematuhi imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan, sehingga kami mengharapkan agar masyarakat pakai masker untuk menjaga kesehatan dari wabah COVID-19.

"Saat ini status Kota Ternate masih berada di zona oranye, maka diminta masyarakat selalu menerapkan 3 M dalam kebiasaan baru saat beraktivitas di luar rumah. Untuk zona oranye bisa berubah menjadi zona hijau," katanya pula.
Baca juga: IDI bersama Jurnalis bagikan masker untuk warga Ternate
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020