Kami mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat
Gunung Kidul (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah 10 orang sehingga total kasus positif corona mencapai 306 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan 10 kasus konfirmasi COVID-19 baru, adalah laki-laki umur 65 tahun dari Kapanewon Ponjong yang memiliki riwayat sebelumnya saspek.

​​​​​​Perempuan umur 42 tahun dari Kapanewon Ngawen memiliki riwayat pelaku perjalanan perempuan umur 51 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Gunung Kidul mencapai 296 kasus

Anak perempuan umur 12 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, dan laki-laki umur 52 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif 

Selanjutnya, anak laki-laki umur 7 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, perempuan umur 18 tahun dari Kapanewon Tepus memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Gunung Kidul bertambah tujuh kasus

Perempuan umur 49 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, perempuan 20 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif, dan perempuan 70 tahun dari Kapanewon Tepus yang memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

"Kasus pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kapanewon Tepus adalah keluarga dan tetangga yang besuk saat sakit. Sehingga, kami akan memperketat kembali protokol kesehatan saat melayat, besuk orang sakit dan hajatan. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan munculnya klaster baru," kata Dewi.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Gunung Kidul capai 258 orang

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Gunung Kidul, jumlah saspek sebanyak 1.868 dengan rincian 1.781 discarded, 31 dalam pemantuan, lima dirawat, dan 38 meninggal dunia.

Kemudian total spesimen sebanyak 6.534 dengan rincian 6.033 hasil negatif, 306 kasus positif (konfirmasi) dan 195 spesimen dalam proses. Dari 306 kasus konfirmasi, rinciannya 264 kasus sembuh, 29 kasus dalam perawatan, dan 13 meninggal dunia.

"Kami mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Hal ini demi kita bersama dalam memerangi penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Tambah empat, positif COVID-19 di Gunung Kidul-DIY naik jadi 232 kasus

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020