Tokyo (ANTARA) - Shionogi & Co sedang merencanakan uji klinis pada akhir tahun untuk menjadi salah satu vaksin COVID-19 yang diproduksi di dalam negeri pertama di Jepang untuk mencapai pasar, saat dunia berlomba untuk mengamankan dosis yang cukup untuk memerangi pandemi.

Perusahaan berencana untuk memasukkan kandidat vaksinnya ke dalam uji klinis Fase 1 pada bulan Desember dan beralih ke Fase 2 pada Januari dan mengajukan permohonan persetujuan sementara dari pemerintah, kepala eksekutif Shionogi, Isao Teshirogi mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Tetapi uji coba Fase 3 kemungkinan akan dilakukan di luar negeri karena relatif kurangnya kasus COVID-19 di Jepang, katanya.

Rencana Shionogi untuk memiliki dosis yang cukup untuk menginokulasi 30 juta orang pada akhir tahun depan berarti dampaknya akan jauh lebih besar daripada penggerak pertama AnGes Inc yang berbasis di Osaka, yang mengharapkan dosis pertamanya siap pada bulan Maret.

"Untuk alasan keamanan nasional, memiliki kapasitas yang baik di Jepang sangat masuk akal," kata Teshirogi.

Sementara Shionogi tertinggal dari pemain global yang sekarang melakukan uji klinis tahap akhir massal, Shionogi bertaruh pada platform yang terbukti untuk membantunya menjadi produsen vaksin COVID-19 terbesar di Jepang. Produsen obat Prancis Sanofi SA dan Novavax menggunakan proses serupa pada kandidat vaksin COVID-19 mereka.

"Saya pikir vaksin protein rekombinan kami, metode bijaksana, memiliki lebih banyak data terakumulasi tentang kemanjuran dan keamanan daripada metode baru," kata Teshirogi.

Metodologi yang lebih baru seperti vaksin mRNA mungkin akan menjadi solusi, "tapi sampai hari ini, kami tidak tahu apa-apa", katanya.

Perdana Menteri Yoshihide Suga telah berjanji untuk menyediakan vaksin yang cukup bagi masyarakat pada pertengahan 2021, dan Jepang telah mencapai kesepakatan untuk ratusan juta dosis dengan perusahaan - perusahaan termasuk AstraZeneca Plc dan Pfizer Inc.

Shionogi telah menerima sekitar 400 juta dolar AS dari pemerintah Jepang untuk produksi vaksin COVID-19.

Tetapi dunia akan membutuhkan beberapa vaksin berbeda untuk melawan pandemi, mengingat besarnya permintaan global, efek pada populasi yang berbeda, dan kemungkinan batas keefektifan pada vaksin pertama.

Teshirogi mengatakan penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas Tokyo yang ditunda pada 2021 "masih mungkin", tetapi itu akan lebih bergantung pada pengujian diagnostik sangat cepat dan logistik daripada vaksin.

"Menerima vaksin bukanlah yang disebut lisensi aman," katanya.

Baca juga: AstraZeneca lanjutkan uji coba vaksin di Jepang
Baca juga: Perusahaan dan universitas Jepang mulai uji vaksin corona pada hewan
Baca juga: Jepang was-was vaksin virus corona belum ditemukan hingga Olimpiade

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020