Dibanding tahun 2019, IPB University mengalami peningkatan total skor dari 17,35 menjadi 18,32
Jakarta (ANTARA) - Rektor IPB University Arif Satria mensyukuri peringkat kampusnya pada Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) di peringkat 601-800 untuk kelompok bidang ilmu hayati bersama dengan Universitas Indonesia (UI).

"Terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh komponen di IPB University" katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia berharap agar capaian tersebut menjadi motivasi bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk terus meningkatkan kapabilitas serta semangat.

Ia mengatakan dibanding tahun 2019, IPB University mengalami peningkatan total skor dari 17,35 menjadi 18,32. Dalam pemeringkatan, kelompok bidang ilmu hayati mencakup empat bidang ilmu, yaitu pertanian dan kehutanan, biologi, kedokteran hewan dan ilmu olah raga.

IPB University, kata dia, menempati posisi 601-800 bidang ilmu pertanian dan kehutanan, biologi dan kedokteran hewan.

"Hal ini sesuai dengan lingkup dan mandat pengembangan keilmuan di IPB University," katanya.

Pemeringkatan perguruan tinggi tersebut berdasarkan bidang ilmu versi Times Higher Education pada beberapa indikator, yaitu pengajaran, riset, citasi, kontribusi internasional dan inovasi.

Ia mengatakan hasil tersebut mempertegas posisi IPB University dalam kontribusi keilmuan.

Sebelumnya peringkat IPB University versi QS WUR "by Subject" menempatkan kampus tersebut pada urutan 59 dunia untuk bidang pertanian dan kehutanan, 551-600 untuk bidang biologi dan 351-400 untuk bidang ilmu lingkungan, demikian Arif Satria.

Baca juga: IPB University raih peringkat pertama perguruan tinggi terbaik

Baca juga: Klasterisasi perguruan tinggi bukan pemeringkatan, sebut Kemendikbud

​​​​​​​
Baca juga: Kemendikbud sebut terjadi lompatan perguruan tinggi dalam berinovasi

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020