Jakarta (ANTARA) - Rantai bioskop CGV telah mendapatkan persetujuan teknis dari Pemprov DKI Jakarta untuk penambahan kapasitas di ruang auditorium, yang sebelumnya hanya 25 persen menjadi 50 persen.

Menurut keterangan yang diterima ANTARA, Rabu, persetujuan teknis tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, tanggal 3 November 2020 yang ditandatangi Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya.

Baca juga: Empat bioskop CGV buka hari ini

Baca juga: Bioskop Jakarta dibuka besok, nonton film wajib pakai masker


Dalam SK tersebut juga dijelaskan bahwa penambahan kapasitas penonton di ruang Auditorium tetap harus mematuhi standar pencegahan penyebaran COVID-19, sebagaimana tercantum pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 259 Tahun 2020.

Persetujuan teknis ini berlaku selama masa PSBB transisi dan dapat ditinjau kembali apabila terjadi perubahan status PSBB transisi atau kondisi penyebaran COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta belum kondusif.

Sebelumnya, CGV mengajukan penambahan kapasitas penonton di ruang Auditorium tanggal 27 Oktober ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Pengajuan tersebut kemudian ditindak lanjuti pihak Dinas dengan mengundang CGV ke kantor Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif untuk memaparkan dokumentasi protokol kesehatan yang telah dijalankan di bioskop dan hasil evaluasi setelah sepekan bioskop kembali beroperasi.

Hingga 4 November 2020, CGV telah membuka empat bioskopnya di Jakarta dan akan membuka tujuh bioskop lainnya di Ibukota secara bertahap. Empat lokasi CGV di Jakarta yang sudah dibuka adalah CGV Grand Indonesia, CGV AEON Mall Jakarta Garden City, CGV Transmart Cempaka Putih, dan CGV Green Pramuka Mall.

Adapun sejumlah protokol kesehatan sesuai dengan panduan Kementrian Kesehatan dan Pemprov DKI Jakarta serta akan menerapkannya dengan ketat. Mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh penonton, jaga jarak, tracing, dan transaksi tanpa kontak.

CGV berharap, pembukaan kembali bioskop diharapkan juga bisa mengairahkan kembali aktivitas rumah produksi dalam memproduksi film film nasional, dan membantu memulihkan ekonomi di sektor industri kreatif khususnya perfilman.

Sejumlah film, termasuk diantaranya film "The Swordsman" yang dibintangi Joe Taslim, sekuel "Train to Busan" yakni "Peninsula", hingga film dokumenter grup idola K-pop BTS berjudul "Break the Silence" bisa dinikmati oleh penonton di layar CGV.


Baca juga: Keterbatasan film jadi alasan bioskop XXI belum buka hari ini

Baca juga: Menonton bioskop di kala pandemi

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 diminta pantau protokol kesehatan di bioskop

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020