Yogyakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar rapat kerja daerah luar biasa untuk memilih ketua.

"Rapat kerja daerah (rakerda) luar biasa itu digelar dengan agenda utama memilih ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menggantikan Idham Samawi," kata Sekretaris DPD PDIP DIY, Bambang Praswanto, di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, Idham Samawi yang terpilih sebagai Ketua DPD PDIP DIY dalam konferensi daerah pada awal Maret 2010 terpaksa diganti karena ditunjuk Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menduduki jabatan Ketua Bidang Keanggotan, Kaderisasi, dan Rekrutmen DPP PDIP dalam kongres di Bali.

"Atas penunjukan itu, Idham Samawi terpaksa mundur dari jabatan ketua DPD PDIP DIY, dan untuk menggantikannya akan digelar rakerda luar biasa yang rencananya berlangsung setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tiga kabupaten di DIY," katanya.

Ia mengatakan, pilkada di tiga kabupaten di DIY yaitu Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul akan berlangsung pada pertengahan Mei 2010. "Dengan demikian, rakerda luar biasa DPD PDIP DIY akan dilaksanakan setelah Mei 2010," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP DIY Idham Samawi mengatakan DPP PDIP memberikan waktu enam bulan untuk melakukan pergantian kepemimpinan di tingkat Provinsi DIY.

Pergantian tersebut dilakukan agar tidak terjadi rangkap jabatan di jajaran struktural partai.

"Saya sebenarnya minta waktu tiga bulan untuk melakukan pergantian ketua DPD PDIP DIY, atau setelah pelaksanaan pilkada di tiga kabupaten itu. Namun, Ketua Umum DPP PDIP memberikan waktu enam bulan," katanya.

Menurut dia, ada tiga kepengurusan PDIP tingkat provinsi lainnya yang mengalami hal sama dengan DIY, yakni DPD PDIP Kalimantan Timur, Papua, dan Bangka Belitung. PDIP di tiga provinsi itu ketuanya juga ditunjuk menjadi pengurus DPP PDIP.

"Untuk memilih ketua DPD PDIP DIY yang baru, kami masih menunggu masukan dari DPP PDIP tentang mekanisme teknis pelaksanaannya. Namun, pemilihannya akan dilakukan dalam rakerda luar biasa yang akan dihadiri unsur DPP PDIP, DPD PDIP DIY, dan DPC PDIP se-DIY," katanya.
(U.B015/M008/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010